Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Terus Tingkatkan Pelayanan

/ 13 Januari 2022 / 1/13/2022 03:27:00 PM



POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN, – Menginjak tahun 2022, dinas PU Bina Marga kab Pasuruan terus lebih semangat untuk melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Pasuruan. Sebagaimana dilansir dari beberapa pemberitaan Pasuruan bahwa Dinas PU Bina Marga kabupaten Pasuruan, terus berupaya keras untuk melakukan beberapa pembangunan jembatan dan perbaikan serta pelebaran jalan diseluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

Hal tersebut dimaksudkan agar lalu lintas perjalanan dan lalu lintas pengangkutan orang dan barang bisa berjalan dengan lancar. Dan yang paling penting diantaranya adalah untuk menekan kecelakaan dan meningkatkan taraf hidup atau perekonomian masyarakat serta para pelancong dalam menikmati wisata dan destinasi alam di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

Seketaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus Wicaksono, melalui Kabid perencanaan  pemeliharaan jalan dan jembatan Sidik mengatakan, dengan menggunakan anggaran Rp 59 miliar untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan menuju destinasi wisata bertaraf internasional Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Proses perbaikan jalan dikerjakan secara bertahap dan pembangunan Jembatan di beberapa titik. Pemkab Pasuruan mendapatkan alokasi dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD).


"PHJD di Kabupaten Pasuruan sudah berjalan selama tiga tahun berturut-turut. Dimulai 2019, Pemkab Pasuruan memperoleh bantuan dana hibah dari Australia Rp22 miliar. Anggaran tersebut untuk penanganan beberapa ruas jalan menuju Gunung Bromo, salah satunya, Tutur–Ngadirejo,"ujarnya. Kamis (13/01/2022)

Lebih lanjut Sidik mengatakan, pada 2020, bantuan Rp21 miliar untuk melanjutkan jalur sebelumnya, yakni dari Ngadiwono menuju Tosari. Pada 2021, bantuan PHJD masuk tahap terakhir untuk kawasan tersebut dengan nilai Rp16 miliar. Sasaran perbaikan Jalan Tosari menuju lautan pasir Gunung Bromo.

"Proyek perbaikan Jalan tahap terakhir akan selesai pada awal November. Harapannya pengunjung kawasan wisata Gunung Bromo-Tengger akan semakin mudah menuju lokasi,"imbuhnya.

Masih kata Kabid Perencanaan dan perbaikan jalan Sidik, Perbaikan jalan akses menuju destinasi turisme berkelas internasional itu didanai APBN melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) 2021.


"Ruas jalan yang diperbaiki meliputi Jalan Dingklik-Penanjakan, Dingklik-Lautan Pasir, Jalan Wonokitri-Sedaeng, Jalan Lingkar Pasar Wonokitri-Pendopo Agung, Jalan Tosari-Podokoyo, Jalan Wonokitri-Podokoyo, Jalan Wonomerto-Ngadiwono, Jalan Ngadirejo-Podokoyo, dan Jalan Tosari-Wonokitri," tukas Sidik. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini