Sungai Rejoso Meluap, Babinsa Koramil 0819/05 Grati langsung terjun ke Lokasi Banjir Guna Membantu Masyarakat

/ 16 Januari 2022 / 1/16/2022 11:27:00 AM

 

POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN-Hujan deras yang menguyur wilayah Kabupaten Pasuruan, mengakibatkan meluapnya sejumlah sungai dan mengenangi beberapa titik pemukiman penduduk. Seperti yang terjadi di wilayah Desa Kedawung Kulon Kec. Grati. Minggu (15/01/2022)

Hal ini dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi di daerah Kec. Lumbang sehingga aliran air menuju sungai Rejoso tidak bisa menampung debit air, bahkan meluap ke pemukiman penduduk dan jalan yang ada di wilayah kec. Grati tepatnya di Dusun Adirogo dan Dusun Kebrukan.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 130 KK dari dua dusun tersebut ikut terdampak banjir. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, Babinsa  dari Koramil 0819/05 Grati Serda Dedi Kurniawan bersama Kepala Dusun terjun langsung memantau debit dan ketinggian air untuk memastikan setiap warga binaanya aman. Selain Babinsa, turut kelokasi anggota BPBD, relawan dan PKM kecamatan Grati.

Danramil 0819/05 Grati, Kapten Inf Puji Wiratno, S.H. menyampaikan, dengan hadirnya Babinsa turun langsung melihat warga yang terkena dampak banjir, memantau ketinggian debit air hujan yang bervariasi mulai 30 cm sampai 40 Meter, diharapkan dapat mengetahui kondisi warganya di lokasi dan segera cepat berkoordinasi dengan pihak terkait.

Sementara itu, dari lokasi Babinsa Koramil 0819/05 Grati Serda Dedi Kurniawan mengungkapkan bahwa benar adanya beberapa wilayah binaannya yang terdampak banjir akibat luapan sungai Rejoso dan menggenangi pemukiman warga, disebutkan bahwa Dirinya sudah berkoordinasi dengan perangkat desa dan pihak terkait untuk menyiapkan lokasi pengungsian apabila ada warga yang akan mengungsi" Jelas Serda Dedi


"Dari pantauan kami selama di lokasi banjir, belum ada ditemukan kerugian atau korban jiwa, kerugian materiil sudah jelas berupa pemukiman warga yang terendam banjir. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah desa dan pihak terkait lainnya untuk mengantisipasi perkembangan banjir lebih lanjut," pungkasnya.(Dr).

Komentar Anda

Berita Terkini