Jaring Aspirasi Masyarakat Bambang Lang Lang Buana Gelar Reses di Desa Jikumerasa

/ 22 Maret 2022 / 3/22/2022 06:29:00 PM


Buru,_ Police Watch.News,_ Penutupan Masa Sidang I (Satu) Tahun 2022, Anggota DPRD Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Buru, Fraksi PPP (Patai Persatuan Pembangunan) Bambang Lang Lang Buana, S.Pd, MM, lakukan Reses Jaring Aspirasi Masyarakat di Desa Jikumerasa, Kecamatan Liliali, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku pada Senin malam (22/3/2022).

Pada pembukaan reses, Lang Lang Buana menjelaskan adapun dasar dari kegiatan resesini harus terencana, hal ini merujuk kepada Udang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah pasal 1 ayat (4) yang merupakan kewajiban setiap anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

"Menjalankan amanat undang-undang tersebut, sehingga saya Bambang Lang-lang buana mengunjungi masyarakat di Desa Jikumerasa untuk menyerap berbagai aspirasi yang masyarakat," ungkap Lang Lang Buana.


Menurut Lang Lang Buana, reses merupakan kesempatan masyarakat untuk hadir, agar bisa menyampaikan apa yang inginkan disampaikan dalam kesempatan reses ini.

"Karena Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merupakan hak seluruh masyarakat Buru sehingga dalam pembahasannya harus melibatkan usulan dari masyarakat, dan kesempatan reses inilah bapak/ibu turut andil dalam pengusulan pembangunan untuk setahun yang akan datang, karena hanya empat (4) bulan sekali baru 25 anggota DPRD yang bapak ibu pilih melakukan reses, sehingga kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin," lanjut Lang Lang Buana.

Masih menurut Lang Lang Buana, Kita juga akan menyambut keinginan dan harapan dari bapak/ibu sesuai dengan amanat UU.

"Sebenarnya, Beta (Saya) pengen bapak ibu di forum ini hadir lebih banyak, agar bisa menyampaikan apa yang bapak ibu ingginkan," tutur Lang Lang Buana.


Dalam kesempatan reses kali ini, ada 6 usulan yang di sampaikan oleh masyarakat dari perwakilan masing-masing di tiap Rukun Tetangga (RT)  yang ada di Desa jikumerasa. Bentuk usulan yang di sampaikan masyarakat diantaranya, permintaan Rompong, Lampu Tenaga Surya untuk di gunakan pada kebun pertanian masyarakat, Talut sepanjang 200 meter untuk RT 07 yang sering terkenal banjir apabila datang hujan, RT 05 mengusulkan saluran drainase sepanjang  500 meter karena di musim hujan ketinggian air bisa mencapai 1 meter, Gorong-gorong untuk di rehab ulang kembali, dapun usulan Jalan Tani, Talud Penahan ombak sepanjang 200 meter di lokasi RT 02, dan air bersi di RT 01.

Menanggapi persoalan usulan masyarakat anggota DPRD dapil I dari Fraksi PPP ini akan berupaya mengawal aspirasi masyarakat yang telah diusulkan untuk dibawa ke paripurna DPRD Kabupaten Buru nantinya.

"Hasil reses ini yang kemudian akan kami bawa ke Paripurna DPRD Kabupaten Buru. Usula Bapak/ibu telah saya terima dan akan saya dorong di Paripurna muda-mudahan apa yang menjadi harapan bapak/ibu dapat terakomodir," tegas Lang Lang Buana.

Turut hadir dalam reses tersebut sekertaris Desa Jikumerasa, Ketua Badan Permusyawratan Desa,  Toko Agama, Toko Adat, dan kurang lebih 100 orang peserta  Masyarakat Des Jikumerasa. (A*)

Komentar Anda

Berita Terkini