Ketua IPW Apresiasi Kapolda Metro Irjen Pol M.Fadil Imran " Bedol Deso " Mencopot Sejumlah Anggotanya Pelanggaran Disiplin Dan Kode Etik

/ 10 Maret 2022 / 3/10/2022 07:44:00 PM

 

Siaran Pers IPW

Pewarta : Bambang.MD

JAKARTA - POLICEWATCH.NEWS -Indonesia Police Watch (IPW) mendukung langkah  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Muhammad Fadil Imran yang melakukan terobosan penanganan balap liar di jalanan dengan memfasilitasi para pembalap melalui event-event balap. Sebab, hal ini sebagai salah satu bentuk pembinaan terhadap generasi muda melalui sentuhan otomotif. 

Terobosan itu, sebagai langkah maju pihak kepolisian dalam menangani tugas pokoknya, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menangani balapan liar. Sehingga, tindakan represif penegakan hukum menjadi alternatif terakhir dengan mengedepankan sikap humanis di dalam mengatasi problem sosial. 

Dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat audensi dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di kantornya, Gedung Promoter Polda Metro, beberapa waktu lalu. 

Dengan adanya fasilitas balapan melalui event yang resmi itu,diharapkan para pembalap yang biasanya beraksi di jalanan prilakunya bisa berubah dan menjadi garda terdepan untuk  mensosialisasikan gerakan keselamatan dalam berkendara.

Dalam pertemuan dengan Kapolda Metro, IPW juga mengapresiasi sikap berani dan tegas Irjen Fadil Imran dalam melakukan "bedol deso" mencopot anggotanya karena pelanggaran disiplin. Para anggota Polri di di Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Polsek Setiabudi itu langsung diperiksa dan ditahan oleh Propam Polda Metro jaya. 

Perintah Kapolda Metro melalui Surat Telegram bernomor ST/580/XII/KEP./2021 yang ditandatangani Karo Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ida Bagus Putra Narendra mencopot 10 anggota di Polresta Soekarno-Hatta. Mereka yaitu kasatresnarkoba AKP Nasrandy, Kanitdik 1 satresnarkoba Iptu Pius Sinaga, Kasubnit 1 Unitdik satresnarkoba Ipda Triono Agung Saputro, Banit 19 Unitdik satresnarkoba Aipda Widhi Hendronoto. 

Kemudian Banit 11 Unitdik satresnarkoba Bripka Ferdiwan, Banit Subdit 2 Unit 1 satresnarkoba Bripka Hendri Wahyu Utomo, Banit 10 Unitdik satresnarkoba Bripka Yose Rizal, Banit 15 Unitdik satresnarkoba Bripka Landi Wirahadikusumah Raco, Bamin 2 Urmintu satresnarkoba Brigadir Rangga Nawa Perdana, dan Banit 22 Unitdik satresnarkoba Briptu Muhammad Jerry Nugraha. Mereka dimutasi ke Yanma Polda Metro sebagai terperiksa. 

Sementara melalui Surat Telegram bernomor  ST/71/II/KEP./2022, Kapolda memutasi dan mencopot 12 anggotanya termasuk Kasatreskrim Polsek Setiabudi, Kompol Lucky Carvarino . Selain AKP Aries Setiyawan sebagai Kasubnit 3 Unit Reskrim Polsek Setiabudi dan Ipda Pujiyono sebagai panit.

Sedang sembilan anggota lainnya yang dimutasi dan diperiksa Propam Polda Metro Jaya adalah Aiptu Pujo Wiyadi,  Aipda Agus Asidqi, Aipda Waryono, Bripka Arif Wibowo, Bripka Saud Andar, Bripka Hefron, Bripka Muhamad Muslih, Briptu Rizky Akbar, dan Bripda Samuel Rado.

Saat dialog, ketika Kapolda Metro Irjen Fadil Imran ditanya Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso tentang keberanian menindak anggotanya tanpa pandang bulu, dengan tegas Kapolda yang sukses mendukung program percepatan menuju herd imunity vaksin 100 persen warga DKI Jakarta itu menyatakan bahwa yang dilakukannya adalah mengedepankan profesionalisme. "Sebagai Kapolda, saya melakukan pembinaan karir dan juga memberikan reward pada anggota berprestasi. Selain memberikan punishmen pada anggota yang melakukan pelanggaran untuk demi untuk menjaga institusi Polri agar bisa dipercaya oleh publik. Hal ini, sesuai dengan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan program Polri Presisi, " Ungkap Kapolda Metro. 

Dengan ketegasan Kapolda Metro, IPW menilai cepatnya keputusan pencopotan anggota Polri yang melanggar disiplin dan kode etik itu harus dijadikan tolok ukur bagi kapolda-kapolda lain. Hal itu untuk menjaga Institusi Polri yang berjiwa Tribrata, Abdi Utama Negara, Insan teladan, dan Penegak Hukum.

Salam

Sugeng Teguh Santoso

Ketua Indonesia Police Watch

Komentar Anda

Berita Terkini