RKPD Tahunan Dinas Perikanan di Gelar di UPT Winongan

/ 10 Maret 2022 / 3/10/2022 07:40:00 PM

  

   

POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN- Kegiatan Forum Perangkat Daerah Dinas Perikanan tahun 2022 di gelar di Unit Pelayanan Terpadu  (UPT) Desa Penataan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, dan di hadiri Wakil Bupati Gus Mujib Imron serta 100 orang perwakilan dari berbagai Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan dan ini merupakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan dalam rangka penyelarasan program dan kegiatan hasil Musrenbang dalam penyuluhan Perikanan dan Stakeholder. Rabu (09/03/2022)

Adapaun agenda pertemuan RKPD di tingkat Kecamatan dengan mengakomodir usulan stakeholder guna mempertajam indikator kinerja perangkat daerah yang disusun berdasarkan skala prioritas sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. 

Dalam sambutanya Wakil Bupati Pasuruan Gus Mujib Imron. S.H mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemeintah daerah dalam rangka upaya konstruktif untuk menghasilkan rencana kerja yang aspiratif, berkeadilan serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang akan menjadi dasar bagi penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah Kabupaten Pasuruan tahun 2023 dan berdasarkan grand design RKPD Kabupaten Pasuruan tahun 2023 sektor Perikanan masuk dalam peningkatan nilai tambah ekonomi.

Maka dari itu Dinas perikanan sebagai pendorong prioritas dan mempunyai fungsi dan tugas sebagai pembangunan  utama denagan percepatan pemulihan  ekonomi daerah melalui  perluasan kesempatan  bekerja  dan berusaha serta nilai tambah ekonomi pada sektor perikanan. 

"Sebagaimana diketahui potensi  Kelautan dan Perikanan yang dimiliki Kabupaten Pasuruan sangat besar dengan pantai sepanjang 48 km dengan produksi tangkap tahun 2021 sebesar 22.602 ton.  Budidaya tambak seluas 4,60469 ha. Produksi tahun 2021 sebesar 13.543 ton. 

Dengan komoditi utama udang dan bandeng ,yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Bangil, Kraton, Rejoso dan Lekok . Terdapat pula budidaya busmetik seluas 61,68 ha dengan produksi utamanya  udang vannamei sebesar 61,58 ton, juga tetdapat tambak garam seluas 233,3 ha dengan produksi sebesar 10,534 ton. 

Budidaya air tawar yang terdiri dari budidaya kolam seluas 55,86 ha dengan produksi 4,849 ton komoditi  lele dan nila tersebar di 19 kecamatan serta budidaya keramba jaring apung  seluas 12 ha dengan produksi sebesar  2,064 ton. Komoditi  utama ikan  Nila dan Lempuk yang berada di Danau Ranu Grati," ujar Gus Mujib.

Lebih lanjut Gus Mujib Imron mengatakan, pengembangan budidaya air tawar di wilayah Kecamatan Winongan, merupakan salah satu contoh potensi perikanan  yang luar biasa. Oleh karena itu potensi yang ada tersebut  dapat mewujudkan kecamatan winongan sebagai kampung ikan.

"Sementara pengembangan produksi  olahan ikan  tahun 2021 mencapai 719182,04 ton.peningkatan produksi pengolahan ikan yang mempunyai  nilai tambah ekonomi  ditujukan pada standarisasi cara pengelolahan pangan yang baik dan keamanan olahan pangan," tukas Gus Mujib Imron dalam sambutan acara kegiatan forum perangkat daerah dinas perikanan Kabupaten Pasuruan tahun 2022 dan untuk penyusunan RKPD tahun 2023 .

Sementara itu dalam forum yang sama kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasana dalam sambutannya mengatakan, forum kegiatan perangkat daerah dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanat peraturan mentri  dalam negeri republik indonesia no 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian  dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembagunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Renja tahun 2023 dengan memperhatikan permasalahan dan issu strategis yang diselaraskan dengan prioritas dan tema RKPD tahun 2023 yaitu peningkatan daya saing daerah melalui nilai tambah ekonomi dan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan,"ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini