Sukses, Pemerintah Kota Metro Deklarasikan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

/ 1 April 2022 / 4/01/2022 02:10:00 PM

 

POLICEWATCH,NEWS, METRO LAMPUNG

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin hadiri Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), berlangsung di Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai Kota Metro, Kamis (31/03/2022).

Pada kesempatan itu Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Uki Basuki mengucapkan rasa syukur dan selamat, atas capaian dan terselenggaranya Deklarasi 5 Pilar STBM pada hari ini karena Kota Metro adalah Kota pertama yang mendeklarasikan serta mendapatkan Penghargaan STBM Berkelanjutan 5 Kabupaten/Kota Terbaik Kategori Supply Creation Tahun 2021. Dirinya menjelaskan bahwa Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Tujuan pilar STBM yakni untuk memutus mata rantai penularan penyakit dan keracunan dengan cara stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga tanpa membakar sampah, serta pengamanan dan pengolahan limbah cair rumah tangga yang berasal dari sisa mencuci, kamar mandi, dapur yang memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan guna memutus mata rantai penularan penyakit, ” terangnya.


Sementara itu Wahdi mengucapkan selamat datang di Bumi Sai Wawai, kepada Tim Verifikasi STBM Provinsi Lampung setelah melalui proses panjang dari perjalanan STBM yang berawal dari pemicuan kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan, mengedukasi dan membuat komitmen bersama untuk merubah prilaku tersebut, dilanjutkan dengan Verifikasi dimana Kota Metro Berhasil Mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) Pada tahun 2019 lalu.

.

“Terimakasih kepada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan STBM di Kota Metro, khususnya kepada seluruh masyarakat Kota Metro yang secara terus menerus dan berkelanjutan melaksanakan STBM, sehingga kita bisa melaksanakan Deklarasi pada hari ini, dan yang perlu saya tekankan deklarasi adalah janji yang akan dikuatkan dengan semangat dan komitmen yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Verifikasi STBM Provinsi Lampung beserta anggota, Fokorpimda Kota Metro, Sekda Kota Metro, Para Staf Ahli Walikota Metro, Para Asisten Sekda Kota Metro, Kepala OPD se-Kota Metro, dan Tamu Undangan. 



Pewarta:Samadi

Komentar Anda

Berita Terkini