Walikota Metro Promosikan Program JAMA-PAI

/ 18 April 2022 / 4/18/2022 04:46:00 PM

 

POLICEWATCH,NEWS, METRO LAMPUNG

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mempromosikan program JAMA-PAI dalam Sinergi, Kolaborasi, Integrasi Komprehensif. Promosi program ini dalam inovasi layanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, di Kantor BPJS Kesehatan Kota Metro, Senin 18/4/2022.

Wahdi menyampaikan, Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan Pemerintah Pusat. Dengan indikator pembangunan yang telah ditetapkan untuk penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran, penutunan angka kematian ibu dan bayi, dan peningkatan indek penghasilan.

“Dalam indek pembangunan manusia, maka lahirlah Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI). Dalam gerakan bersama sinergi/kolaborasi, didalamnya ada nilai kepatuhan terintergrasi dalam satu bentuk inovasi layanan kesehatan, terutama untuk kesehatan ibu dan anak. Hal ini dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak bukan penurunan angka kematian, sehingga kedepan mejutu peta Indonesia emas 2045 di 100 tahun Indonesia merdeka,” paparannya.

Lanjutnya, maka kepala daerah harus bertanggung jawab penuh sesuai dengan sustainable development goal. Tentunya dalam kesepakatan 187 negara dalam 17 goalnya ada 169 elemen. Kita diwajibkan dalam pemenuhan kewajiban yang bersifat wajib berdasarkan STN (Standar Layanan Minimal).

“JAMA-PAI merupakan gerakan bersama semua komponen, termasuk dalam proses pembiayaan dengan tujuan promotif kesehatan, sehingga hal itu tidak kearah promotif pengobatan. Kita punya program JAMA-PAI jaringan peduli anak ibu dalam komponennya adalah remetif promotif,” jelas Wahdi.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Metro, Dr. Wahyudi Putra Pujianto, dalam hal ini untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak khususnya di Kota Metro. BPJS Kesehatan bisa bersinergi dengan Pemerintah dalam menjalankan program JAMA-PAI.

“Sebagai bagian dari Pemerintah kami turut berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Metro untuk mencapai FDM dibidang kesehatan serta capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) lebih meningkat lagi,” paparnya.

Pewarta: Samadi

Komentar Anda

Berita Terkini