PTS Gelar Aksi Demo Di Kejati Sumsel Pengadaan 7 Dinas SKPD Kasus Pengadaan Sapi Dinas Peternakan Di Kabupaten Lahat

/ 29 Juni 2022 / 6/29/2022 04:51:00 PM

 


SUMSEL -POLICEWATCH.NEWS Lembaga Pemerhati Situasi terkini (PST) melakukan aksi demonstrasi di Kejati Sumsel.  Dalam aksi yang berlangsung pada Selasa (26/6/2022) ini, ada banyak paket pekerjaan pembangunan dan pengadaan di 7 Dinas yang ada di Kabupaten Lahat dilaporkannya ke Kejati.

koordinator aksi, Alex Kazjuda dalam orasinya mengatakan bahwa berdasarkan hasil invetigasi dan monitoring yang mereka lakukan terdapat indikasi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di ruang lingkup Kabupaten Lahat khususnya di 7 dinas tersebut.

“Oleh sebab itu sebagai kontrol sosial tentunya kita menyampaikan sesusuai dengan PP 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” ucap Alex.

Dengan dilakukan aksi demontrasi, PST meminta memanggil dan memeriksa terkait adanya tindak pidana korupsi pada 7 Instansi/Dinas Pemerintahan Kab Lahat pada Pekerjaan kegiatan proyek yang dianggarkan menggunakan uang Negara

“Dengan mengacu pada UU No 31 th 1999 tentang tindak pidana korupsi, kemudian PP No 71 th 2000 tentang tata cara dan peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi, dan PP No 105 th 2000 tentang pengelolaan dan pertanggungawaban keuangan Negara, kepada pihak Kejaksaan Tinggi  Sumatera Selatan kiraanya dapat menindakianjuti hal ini,” katanya

Adapun Masa Dari PTS minta Kejati Sumsel Agar kasus pengadaan ada di Sejumlah SKPD

1. Dinas Pendidikan pada dua pengadaan alat praktik dan praga siswa SMP.

2. Dinas Pemuda dan Olahraga pada pada belanja pakaian olahraga

3. Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada peengadaan belanja backhoe seragam.

4. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada pekerjaan Peningkatan jalan desa Tungul Bute Kec.Kota Agung, Peliharaan Jalan Poros Desa Tanjung Payang Kec.Lahat Selatan (Desa Tanjung Payang, Desa Banjer Negara, Desa Tanjung Tebat, dan Desa Nantal), Peleberan Jalan Desa Jadian Baru – Talang Bringin Kec.Mulak Sebingkai, Peningkatan Jalan Desa Penindaian Kec.Mulak Ulu, Pemeliharaan Prodik jalan dalam Kec.Jarai, Lanjutan Pemeliharaan Periodik Jalan Desa Jajaran Lama — Desa Singapure — Desa Purbamas Kec.Kikim Barat Pemeliharaan jalan poros Tanjung Payang- Talang Sejemput, Pemeliharaan  jalan desa Gunung Kerto-Desa Pagar Jati Kikim.

5. Dinas Kesehatan pada pekerjaan Penambahan Ruang Gedung Puskesmas Selawi dan Pembangunan Rumah Sakit Type D di Kecamatan Tanjung Tebat

6. Dinas Tanaman Pangan Holtikoltura dan peternakan pada pengadaan sapi dan pakan kepada lembaga nirlaba, sukarela sosial yang telah memiliki srat keterangan terdaftar.

7. Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah kabupaten Lahat pada Belanja bahan Batik

Aksi demo yang digelar masa dari PTS dihalaman gedung Kejati Sumsel, dijaga dari aparat kepolisian aman dan tertib

(Tim)

Komentar Anda

Mari kita kawal prosws hukumnya

Berita Terkini