MAKNA dan MAKSUD DARI AYAT 1000 DINAR

/ 14 Juli 2022 / 7/14/2022 12:54:00 PM

 Ragam Religi edisi ke 16




 *Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Sahabat Pembaca Nitize policewatch.news
RED,- Pagi ini tema nya The spirit Ngalap Barokah dengan AYAT 1000 DINAR
Pada uraian yang lalu pada suatu event tausiah, pada judul  surat AL WAQI'AH,  menyebut bahwa Surat Al Waqi'ah, " adalah ayat 1000 Dinar".

 Padahal yang dimaksud ayat seribu dinar bukan itu. Bukan surat Al Waqi'ah. Makanya janggal, surat yang berisi 96 ayat kok disebut ayat 1000 dinar ?

Oleh karena itu, pada tulisan ini akan ada ralat. Yang bener adalah,  sebagaimana mengutip ceramah alm. KH. Hasyim Adnan tahun 1980-an, ayat 1000 Dinar adalah 

Surat Attholaq ayat 2 dan 3 sbb:

"Wa man yattaqillaaha yaj'al lahuu makhrojan, Wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib. Wa man yatawakkal'alallaahi fahuwa hasbuhuu. Innallaaha baalighu amrihii. Qad ja'alallaahu likulli syai in qadran"

(QS. Attholaq, ayat 2-3)

Artinya : 

“Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menyediakan baginya jalan keluar dan memberinya Rezeki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan melaksanakan urusan yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.

Menurut Ibnu Katsir, Maksud ayat  itu adalah, barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi laranganNya, niscaya Dia akan memberi rezeki dari arah yang tidak pernah terbesit dalam hatinya.


Kita coba googling, asal mula mengapa ayat ini disebut ayat 1000 dinar. 

Ada satu sumber menyebut bahwa seorang pedagang bermimpi bertemu Nabi Khidir AS. Dalam mimpinya itu Nabi Khidir  menyuruhnya untuk sering bersedekah sebanyak 1000 dinar. Pesan itupun dilaksanakan oleh sang pedagang. Alhamdulillah setelah itu dagangannya makin maju dan tambah beruntung.

Kemudian sang saudagar ini kembali bermimpi ketemu Nabi Khidir AS lagi. Pada mimpi kali ini, Nabi Khidir berpesan agar mengamalkan surat Attholaq ayat 2 dan 3.

Suatu saat dalam perjalanan bisnisnya, perahu sang saudagar dihantam ombak yang sangat dahsyat. Namun beruntung dia selamat beserta seluruh dagangannya. 

BACA JUGA : MENGAPA IBADAH HAJI TAHUN INI SANGAT ISTIMEWA

Si saudagar itu berhasil berlabuh di negeri tujuan dan melanjutkan perniagaannya. Sambil terus rajin bersedekah sebesar 1000 dinar pada tiap kesempatan. 

Dan dia juga yakin akan pertolongan Allah SWTA atas segala usaha yang dia lakukan serta dapat terhindar dari segala musibah yang menimpa.

 Sebagaimana Allah SWT janjikan dalam ayat itu, "Barang siapa bertaqwa kepada Allah, pasti Allah beri jalan keluar atas tiap persoalan. Dan Allah beri rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Barang siapa bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya".

Alhamdulillah, Para Sohib KPN, kita masih pegang nasehat Buya orangtua kita akan janji Allah pada ayat ini, surat Attholaq ayat 2 dan 3.

Diperkuat lagi oleh nasehat KH. Hasyim Adnan dari pesantren Al Aqidah pada tahun 1980-an yang sering kami dengar melalui radio Kayu Manis

"Kalau orang tidak bertaqwa kepada Allah, maka jangan heran kalau hidupnya pada melarat....dan selalu tidak merasa cukup".

'Dimodalin mertua bures,
Dimodalin sodara ambles,
Dimodalin paman blepes,
Nasibnye selalu apes,
Kesana kemari kena peres,

Orang laen rame-rame makan nasi rames,Eh dia doang sendiri gegares daon tales,Hidupnye jadi kagak pantes, Gara-gara sholatnye pade maleees....

Pemirsa netizen media policewatch.news ,  mohon diingat dan dihafal ayat 1000 dinar nya. In syaa Allah kita terhindar dari kemiskinan. 

AamiƬiin YRA


Wallohu 'alam bisshowab
Team Redaksi,14/07/2022
H.Irvanto Abd.Wakhid
Komentar Anda

Berita Terkini