Pastikan Keadaan Senpi dan KIPS Personil, Kapolresta Mataram Lakukan Pemeriksaan

/ 27 Juli 2022 / 7/27/2022 01:36:00 PM

 


Policewatch - Mataram 

Dalam rangka Pemeliharaan dan pemeliharaan sarana prasarana, logistik, mengantisipasi, maupun kecelakaan dalam penggunaan Senjata Api, Polresta Mataram melakukan baik terhadap personel maupun tepat di Senpi itu sendiri, (27/07).

Kegiatan pemeriksaan senpi dan personil Polresta Mataram pemegang Senpi yang dipimpin langsung Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK yang dilaksanakan di Lapangan upacara Polresta Mataram.

Didampingi Wakil Kapolresta Mataram AKBP Syarif Hidayat SIK, Kapolresta menjelaskan dihadapan awak media bahwa pengecekan ini dilakukan secara berkala sesuai instruksi dari pimpinan di lembaga kepolisian.

"Untuk pemeriksaan seperti ini tetap rutin dilakukan secara berkala 3 bulan sekali untuk memastikan kondisi Senpi dalam keadaan baik dan terpelihara serta memastikan surat izin pemegang Senpi masih berlaku,"jelas Mustofa.

Dikatakannya bahwa ada 362 pucuk Senpi baik Laras panjang, pendek dan glok yang berada ditangan personil Polresta Mataram akan melakukan pemeriksaan terhadap Senpi itu sendiri maupun Kartu Ijin Pemegang Senpi (KIPS).

Jadi melalui pemeriksaan personel harus menunjukkan senjata dan KIPS kepada petugas pemeriksa yang terdiri dari Bagian Sarpras dan SiPropam Polresta Mataram. Bila personel memiliki KIP yang sudah tidak berlaku maka akan direkap oleh petugas untuk mengajukan kembali KIP ke Polda NTB yang masa berlakunya setahun sekali,"jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa kreteria yang harus dipenuhi untuk dapat memegang Senpi, diantaranya harus lulus tes Psikologi dan sosiometri. Kemudian harus memenuhi refrensi dari orang terdekat seperti suami/Isteri serta rekan rekan terdekat.

Oleh karena itu Ia berharap kepada seluruh personil Polresta Mataram pemegang Senpi agar selalu memperhatikan keadaan yang menjadi tanggung jawabnya, baik itu kebersihan kelalaian serta agar jangan sampai senpi tersebut terletak di sembarang tempat yang nantinya bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti di mainkan -anak maupun digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk keperluan tertentu.

"Kepada para pemegang senjata agar betul-betul dirawat, dijaga serta dipastikan selalu berada dalam kepemilikan pemilik senjata tersebut," tutupnya.

Komentar Anda

Berita Terkini