Wali Kota Metro dr.H.Wahdi,Sp.OG (K) saat melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

/ 11 Juli 2022 / 7/11/2022 12:17:00 PM

 



POLICEWATCH,NEWS, METRO LAMPUNG,-Wali Kota Metro dr.H.Wahdi Siradjuddin,Sp.OG (K) melaksanakan penyembelihan hewan kurban secara langsung pada Hari Raya idul Adha 1443 H tahun 2022, pelaksanaan berlangsung pukul 07.00 WIB bertempat di Halaman Masjid Agung Taqwa Kota Metro, Senin (11/07/2022).

“Hari ini Masjid Agung Taqwa melaksanakan penyembelihan hewan kurban berjumlah keseluruhan 9 ekor dan satu ekor jenis limousin berat 1,3 Ton,” ucap Wahdi saat diwawancarai Awak Media

Wahdi Menjelaskan, keseluruhan Hewan kurban di Kota Metro sudah dilakukan pemeriksaan dan tidak ada yang terjangkit penyakit mulut dan kaku (PMK).

“Dari hasil pemeriksaan hewan korban dilaporkan tidak ada yang terkena PMK, jumlah total hewan kurban di Kota Metro berjumlah 1.184 sapi dan 1.477 kambing,” ungkapnya.

Masih dikatakan Wali Kota Wahdi, ia menyampaikan ada keistimewaan pada pelaksanaan lebaran Idul Adha 1443 H tahun 2022 dikarenakan Covid-19 semakin melandai.

“Alhamdulillah idul Adha tahun ini Covid-19 semakin menurun dan landai, tetapi tetap waspada rupanya adanya penyakit mulut dan kaki (PMK) terhadap hewan kurban. Kalau kita lihat  TA 2021 jumlah hewan kurban lebih tinggi dari tahun sebelumnya, mudah-mudahan tahun 2022 bisa lebih tinggi lagi jumlahnya dan bisa distribusikan dengan baik kepada masyarakat kita,” ucapnya.

Wahdi Menjelaskan,Sebelum dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dilakukan antomortem pemeriksaan kesehatan hewan kopotong sebelum disembelih, yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Tempat dilakukannya pemeriksaan antemortem ini adalah di kandang penampung dan dilakukan sebelum hewan dipotong.

“Apabila ada perkiraan terjadi suspek dilakukan Post Mortem pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada penambahan PMK,” pungkasnya.

Terlihat Hadir pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Taqwa Kota Metro, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin didampingi Istri, Ketua MUI Buya H.Zakaria Ahmad, Kabag Kesra Eka Syafrianto, Panitia pelaksana kegiatan dan pengurus Masjid Agung Taqwa Kota Metro

Pewarta: SM

Komentar Anda

Berita Terkini