GERAMM Minta Komisi IV DPRD Dan Gubernur Sumsel Herman Deru Tuntaskan Jalinteng Hamcur Akibat ODOL dan Angkutan Batubara

/ 19 September 2022 / 9/19/2022 11:24:00 AM

 



MUSI BANYUASIN -  Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Musi Banyuasin (GERAMM)  Mendesak Komisi IV DPRD Sumsel dan Gubernur Turun ke Muba.Tuntaskan Jalinteng Muba Amburadul.akibat angkutan Batu Bara  dan Mobil Besar Over Kapasitas (ODOL) Merajarela Manghacurkan Jalan Rakyat.   

Menindaklanjuti hasil audensi Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Musi Banyuasin (GERAMM) dengan Komisi IV DPRD Di ruang Badan Musyawarah (BANMUS) pada Rabu,(31/08/2022),

" yang dipimpin ketua Ir.Holda,MSi & Anggota 8 DPRD Al H.Hasbi, S.Sos,MM, Hj.Mely, Mustika,SE,MM,H. Mulyono,SH, Ir.H.Syaipul Bahri,MM,H. Adkewni,SPd.I ,MM,dan sudah mewancarai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Kartika Sandra Dewi,SE (F- Gerindra) serta Ahmad Toha,SPd.I,MSi (Fraksi - PKS) daerah pemilihan (Dapil) Muba. 

Kami mewakili masyarakat kabupaten Musi Banyuasin dibawa koordinator M.Lekat Gonzales dan dari aktivis lainnya Fortune Ambesy Ketum IMMUBA,Rusman,SH Aliansi Pemuda dan Pemuda Sumsel,Alamsyah,SPd.I,MSi Tokoh Masyarakat dan tokoh  Agama serta H.Firdaus Cik'ani Ketua Majelis Pengurus Cabang (MPC) Kabupaten Musi Banyuasin.

Sehubungan kesibukan komisi 4 DPRD sumsel,sangat luar membahas paripurna, menerima aksi Demontransi dari kalangan mahsiswa,dan lain lain harga BBM,dinas luar dan dalam,


" Kami masyarakat Muba sangat menghargai atas padatnya kerja wakil rakyat,maka dengan ini sehubungan waktunya berlalu lebih kurang tujuh belas hari belum ada keputusan namun ketegasan dari komisi IV, Kami meminta dan mendesak ibu Ir.Hj.Holda,MSi beserta anggota komisi IV, dan para pimpinan DPRD Sumsel. Untuk membahas bersama dengan semua lapisan masyarakat Muba dan Sumsel di DPRD,untuk agendakan Rapat Dengar Pendapat ,(RDP) Senin,(19/08/2022). 

Mohon dihadirkan Pak H.Herman Deru (HD) Gubernur Sumatera Selatan,Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan nasional Sumsel (BBPJN),Kontraktor yang mengerjakan Proyek Jalinteng Muba dan Jakintim Dumsel Palembang - Psngkakan Balai - Betung - Sungai - Bayung Lencir Batas Prov. Jambi, Kadisbun,Kadistaben,kepala dinas PUBM dan TR Prov. Sumsel. 

Senentara itu M.Lekat Gonzales,dkk dari kabupaten Musi Banyuasin sudah memperjuangkan secara total dari tahun 2019 - 2022 demi kepentingan jutaan rakyat Muba,Muratara,Musi rawas,Lubuk Linggau,Empat Lawang, Pagaralam, Pali,dll " termasuk warga pengguna jalan Sopir truk,Fuso,dll dari pulau Jawa ke sumatera yang melintas jalan nasional melalui musi banyuasin. Tuntutan kami meminta Pak Herman Deru (HD) Gubernur Sumsel sebagai perpanjangan pemetintah pusat di provinsi sumatera selatan,untuk memperjuangkannya ke Pak presiden,Kementerian PUPR, kementerian perhubungan RI,tegas M.Lekat,dkk. Kehancuran dan amburadulnya Jalan Lintas Tengah Negara (Jakinteng) Muba ruas Betung Sekayu - Mangun Jaya - Sanga Desa Batas kabupaten Musi Rawas lebih kurang 150 km,dalam status darurat 70 persen, infrastruktur tidak layak lagi dilalui kendraan angkutan batu bara dan mobil besar over kafasiksitad jutaan ton 24 jam. Oleh karna dari sekian puluh tahun yang lalu dan sekarang  jalan nasional dikerjakan tampal sulam melulu,sedangkan masyarakat Muba dan Sumsel mengharapkan Jalinteng - Jalintim dicor betong,diperlebarkn dan ditingkatkan kualitasnya.


" Berhubungan warga Muba sudah berulang kali menemui Pak Herman Deru (HD) di Palembang,meminta cros cek in ricek keberadaan jalan negara muba  gubernur sumsel yang hadir langsung kayaknya susah bergerak untuk memperjuangknnya dan mengunjungi warga selama 3,5 tahun kepemimpinan (HD - MY) yang tidak lama lagi akan berakhir, " keluh M.lekat,dkk. 

Mengingat tidak reaksi dari gubernur dan wakil gubernur Sumsel mau ke Muba,warga Muba n sumsel merasa  tidak puas akhirnya kami kontak langsung dengan via wa Pak Ir.H.Eddy Santana Putra,MT (ESP) DPR RI (Fraksi - Gerindra)  beliau ke Palembang melakukan gelar konfrensi pers dirumahnya jalan kapten. Rivai Plg.

Pada intinya pak Eddy mantan wali kota Palembang 2 Priode akan all out bersama psk Ir.H.Ishak Mekky,MM Mantan Wagub Sumsel akan mendorong kementerian PUPR kementrian perhubungan RI utk memperiotaskannya. Kami minta pak Eddy Santana & Pak Ishak Mekky untuk mendesak komisi V DPR - RI  bersama menteri investigasi kelapangan.terang " Lekat

Mengingat jalan negara ini,bukan hanya dipergunakan warga sumatera selatan, melainkan jutaan rakyat dan ratusan ribu kendaraan besar dan kecil dari pulau jawa Surabaya,Semarang,Bandung dan jabodetabek dan pulau Sumatera Medan, Aceh,Pekan Baru,Padang,Bengkulu,dll 80 persen melintas di Jalinteng Muba. 

Tidak ada lagi melintas di Jalan Lintas Timur Plg - Betung ke Sungai Lilin - Bayung Lencir batas Prov. Jambi. Demikian juga jalan lintas barat (Jalimbar) Lubuk Lingau Muara Beliti - Empat Lawang - Lahat - Muara Enim - Prabumulih ke Tol Kayu Agung - Lampung sudah sepi tidak dilintasi kendaraan besar. Kami meminta tolong ditertipkan kendraan besar di atas 25 - 50 - 150 Ton dialihkan sementra,oleh krna kontraktor PT.Wahana Jaya Prima (WPJ) sudah bekerja 3 bulan tanpal sulam,pesang batu agregat  dan pengaspalan darurat menghidari warga makan debu. Hasil kerja /Progresnya tidak ada artinya,jadi kami minta gubernur Sumsel harus bertindak tegas terhadap angkutan batu bara dan ODOL,ungkap " M.Lekat. 

(Bambang.MD/ AWDI)

Komentar Anda

Berita Terkini