Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Teknik UMB melalui Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air DC berbasis Iot untuk Skala Rumah Tangga

/ 20 September 2022 / 9/20/2022 11:18:00 AM

 Oleh : Agung Wahyudi Biantoro, Dosen UMB, Jakarta

             Sosialisasi Teknologi PV Cell dan pompa DC, Pengabdian Kepada Masyarakat 

 

Red, policewatch,-  Usaha perikanan seringkali diindikasikan sebagai usaha yang membutuhkan modal dan lokasi yang besar dan luas.  Tidak banyak masyarakat yang menyadari potensi usaha perikanan dapat dilakukan dalam skala kecil atau skala rumah tangga. Bagi masyarakat yang memiliki usaha perikanan seringkali menghadapi kendala berupa masih tingginya harga listrik dan terbatasnya akses kelistrikkan  pad abeberapa desa yang sulit dijangkau listrik.

Untuk memudahkan para pengelola usaha perikanan skala rumah tangga, maka Agung Wahyudi B., MT dan tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana  (UMB) Jakarta, mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 24 Juli 2022, jam 8.30 sampai dengan 11.30, secara on line. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat dan memanfaatkan teknologi sederhana, tepat  guna mempermudah kegiatan pemeliharaan ikan.

Masyarakat yang dijadikan sasaran adalah kelompok masyarakat pengelola kolam ikan untuk ikan hias dan konsumsi yang berada di wilayah Kebon Jeruk dan sekitarnya. Saat ini, pengembangan kolam perikanan telah banyak dilakukan oleh masyarakat terutama untuk peternakan ikan hias maupun ikan konsumsi.  Para pelaku peternak masih menggunakan cara-cara konvensional untuk mengontrol dan memonitor kolam perikanan yang dimilikinya. 

Contoh pemanfaatan dan sosialisasi Teknologi PV Cell dan pompa DC, pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat 

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan internet of things ini dibagi dalam dua kegiatan pembelajaran, yaitu mengenai pemanfaatan tenaga surya sebagai alternatif energi dan otomasi pompa DC. Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai  pemanfaatan PLTAS dan pompa DC untuk memonitoring dan kontrol penggunaan air dan tinggi muka air kolam dapat membantu pengelola kolam agar lebih efisien dan efektif dalam memanfaatkan air. Alat yang digunakan dalam sosialisasi ini adalaj PV Cell, pompa DC, Kabel, Controller, IoT, Arduino, aki, kabel, tiang dan asesorisnya.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan para dosen dari Program Studi Teknik Mesin yang akan berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan pengabdian ini.   Pihak lainnya yang juga akan terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Teknik Mesin yang tergabung dalm proses sosialisasi ini.   Para mahasiswa ini akan membantu  persiapan dan pelaksanaan kegiatan, seperti  penyediaan tempat, penjadwalan dan penghimpunan masyarakat yang menjadi target / sasaran kegiatan, sedangkan   materi ajar disiapkan oleh para Dosen.

Secara keseluruhan, peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara seminar on line mengenai Sosialisasi Rancang Bangun Pompa Air DC Untuk Perikanan Berbasis Iot, yang didominasi oleh para mahasiswa, pelaku usaha kecil menengah, masyarakat umum baik dari daerah Kembangan, Kebon Jeruk dan sekitarnya. Peserta mampu mengekspresikan ide-ide serta pendapatnya dengan baik. Pola berpikir para peserta cukup terbuka dan fleksibel.

Tanggapan yang diberikan oleh peserta cukup baik, secara keseluruhan para peserta menyatakan kegiatan edukasi dan pendampingan menarik, banyak hal ‘baru’ yaitu mengenai energi baru dan terbarukan didapat dan dipelajari selama kegiatan. Materi edukasi sangat bermanfaat dalam ‘menghantar’ peserta untuk lebih memahami solar cell, pompa DC, menggunakan android dan juga pemakaian internet of things dalam memudahkan kegiatan rutin sehari-hari. Berikut adalah acara sosialisasi dengan menggunakan aplikasi zoom dan youtube
Komentar Anda

Berita Terkini