Tangani PMKS Penderita Lever, TKSK Kecamatan Praya Lakukan Kunjungan Asesmen

/ 2 September 2022 / 9/02/2022 07:29:00 PM



Policewatch-Lombok Tengah.

Kondisi Muhtar, salah satu warga Dusun Bebia Desa Mekar Damai adalah seorang yang masuk dalam data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Ia memiliki riwayat penyakit kronis Lever Jantung dan mendapatkan operasi di RSUD Praya,   pasca mendapatkan operasi di Rumah Sakit Umum Daerah Praya menjadi perhatian Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Praya 

Sebagai asesmen awal, TKSK Kec. Praya Fahrun Rozi bersama Kordinator TKSK Kabupaten Lombok Utara Saparudin  mengunjungi rumah Kepala Dusun Bebie Lauk, Toni Muzani untuk mendapatkan informasi awal tentang keberadaan warga tersebut. (02/09/2022).

Di konfirmasi Wartawan Police Watch, Toni Muzani mengatakan bahwa Muhtar  benar warganya adalah keluarga yang tidak mampu dalam hal ekonomi yang kesehariannya bekerja sebagai kuli tidak tetap, tetapi semenjak sakit dia sudah tidak bisa lagi bekerja sehingga mendapatkan perhatian dan belas kasih dari warga sekitar, tidak sedikit warga yang peduli megulurkan bantuan berupa uang dan sembako untuk membantu kebutuhan keluarganya.

Lebih lanjut Toni menuturkan kepada wartawan, Muhtar ini sudah mendapatkan penanganan medis di RSUD Praya dengan di bantu oleh  Daerah berupa Bansos Daerah dan di rawat inap selama delapan hari. 

Pasca operasi warga saya ini masih dalam kondisi lemas hanya bisa berbaring dan duduk, kalau mau buang air masih dibantu dengan di topang, kondisinya saat ini memang sangat memprihatinkan dan  mengharapkan uluran perhatian dari semua pihak khususnya kepada pemerintah untuk membantu kesehariannya berupa kebutuhan pokok dasar seperti sembako dan pempers, saya sama beberapa warga lainnya punya inisiatif dalam rangka membantu meringankan beban kebutuhan hidupnya, kami mengajak kepada warga untuk mengumpulkan bantuan seikhlasnya dan terkumpul dana sebanyak Rpo. 1.050. 000,- ( Satu Juta Lima Puluh Ribu Rupiah) dan sudah kami sampaikan kepada warga saya tersebut, tambahnya.

Pada waktu yang sama di konfirmasi Wartawan, TKSK Kecamatan Praya Ojik mengatakan akan melanjutkan hasil asasmen ini ke instansi terkait guna mendapatkan perhatian, setelah melihat secara langsung dan berkomunikasi dengan PMKS ini memang yang sangat urgen yang dibutuhkan pasca operasi pada saat ini adalah bahan pokok seperti sembako, pakaian, selimut, tikar dan pempers, jelasnya.

Dihubungi wartwan, Kapala Desa Mekar Damai Ahmad Yani, S.AP mengatakan, saya sangat mendukung langkah tanggap dan penanganan yang diambil TKSK Kecamatan Praya untuk membantu warga saya.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada TKSK Praya dan semua pihak yang terlibat serta berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutupnya. 

"FR"

Komentar Anda

Berita Terkini