Lidik Krimsus RI Minta Pak Erick Tohir Sikapi adanya Dugaan Pungli di PT. HK Realtindo dan permasalahan Hak Kontraktor yang diabaikan

/ 31 Oktober 2022 / 10/31/2022 10:20:00 PM


Jakarta , policewatch.news,-  Ada-ada saja ulah perusahaan BUMN yang mencicil pembayaran kepada rekanan, dan ini sangat tidak profesional. Bagaimana tidak menurut pengaduan masyarakat saat ini ada beberapa kontraktor yang telah selesai melakukan pembangunan di Perumahan H City Sawangan Milik Plat Merah HK Realtindo tetapi tidak mendapatkan pembayaran sesuai kesepakatan dan bahkan sampai ada yang dicicil cara pembayarannya.

Menurut berbagai sumber pekerjaan yang telah selesai mereka lakukan bertahun tahun tapi tidak kunjung dibayar. Ini harus menjadi perhatian khusus dari menteri BUMN bapak erick tohir yang sangat ingin bersih bersih perusahaan BUMN.

Perumahan yang dibandrol menegah keatas tersebut juga banyak yang terbengkalai karena ditinggal oleh vendor yang ditunjuk untuk mengerjakan, hal ini semata mata karena pihak vendor merasa sering terkendalanya pembayaran.

Saat dikonfirmasi  Oleh awak media pihak management terkesan tutup mata dan tidak merespon.

Menteri ETHO harus bertindak tegas apabila masih ada oknum oknum yang kurang kompeten untuk memimpin perusahaan yang bernaung dibawah BUMN.

Surat Redaksi yang dikirimkan langsung ke Rozi Rinjayadi selaku Direktur Teknik & Plt.Direktur Bisnis HK Realtindo dengan Surat Nomor 2903/Pem.Red./Lpn6-Konfrms./Srt/Res/VII/2022, tertanggal 14 Juli 2022 hanya dibaca dan tidak direspon.

Redaksi mengedepankan azas praduga tak bersalah, sebagai penyeimbang tentunya minta keterangan serta penjelasan dari pihak HK Realtindo apakah benar atau tidak terkait laporan korban tersebut, berikut beberapa hal yang dipertanyakan namun tidak ada jawaban dari Sang Direktur Teknik & Plt.Direktur Bisnis HK Realtindo :

1. Apakah benar ada anak yang meninggal didanau perumahan H City Sawangan, dan setelah ada yang meninggal baru danau tersebut di beri pagar?
2. Apakah benar untuk perawatan dibebankan ke para kontraktor selama 6 bulan sedangkan ke pihak pembeli hanya 3 bulan perawatan ?
3. Apakah ada beberapa kontraktor yang belum dibayarkan dan bahkan ada yang dicicil pembayarannya ?
4. Apakah benar HK Realtindo memilih kontraktor atau perusahaan untuk pembangunan ada perusahaan yang masuk daftar hitam nasional ?
5. Bagaimana cara HKR dalam memilih kontraktor untuk pembangunan ?
6. Apakah benar biaya pembangunan hanya kurang lebih 3.700.000 / meter  ( standar bangunannya apakah tidak diragukan dengan biaya sebanyak itu ) ?
7. Dari pantauan kami banyak unit unit yang terbengkalai apakah benar ?
8. Apakah benar ada oknum oknum yang dalam tanda kutip melalukan pemerasan ke pihak pihak kontraktor ?
9. Dari data kami ada kontraktor yang belum dibayar cut off nya sudah beberapa tahun apakah benar ?

Apakah iya sekelas perusahaan plat merah tidak mampu menyelesaikan pembayaran kepada para kontraktor tersebut? Apakah mereka juga tidak peduli dengan nasib keluarga kontraktor yang hancur berantakan karena mereka sudah habis-habisan untuk membangun perumahan tersebut.


Terlebih persoalan ini sudah berjalan 2 tahun, nasib para kontraktor pun hancur. Mereka mendatangi kantor HK Realtindo tidak pernah digubris, sesekali diterima yang mereka dapatkan hanyalah janji pepesan kosong.

Gedung megah, penjagaan seperti penjara Las Vegas, tapi bayar hutang nyicil, Ngeri Bro, ucap salah satu kontraktor yang mengadukan nasibnya kepada awak media.

“Pak Erik Tohir tolong jangan diam saja, anak buah bapak di HK Realtindo harus disidak. Banyak modus-modus yang mereka lakukan dengan cara mengelabuhi vendor untuk mendapatkan keuntungan besar dan buat mereka sendiri.

 Oknum-oknum ini masih gentayangan mencari mangsa pak, dan mereka lah yang merusak nama baik HK Realtindo. Tolong Pak Erik jangan dianggap remeh persoalan ini,” pinta kontraktor dengan nada kesal.


Terpisah, M Rodhi irfanto SH , Selaku Ketua Harian LIDIK KRIMSUS RI (Lembaga Informasi Data Korupsi Dan Kriminal Khusus Republik Indonesia)  saat dikonfirmasi awak media mengatakan,”Terkait Persoalan nasib kontraktor yang dipermainkan oleh oknum HK Realtindo melalui redaksi Lapan6online.com sudah dilayangkan surat resmi ke Direktur, tapi mereka cuek. Ini tidak bisa dibiarkan, muustinya pihak HK Realtindo secepatnya menyelesaikan apa yang sudah menjadi kewajiban nya ,papar Rodhi

 Lebih lanjut rodhi menyampaikan dan menghimbau ke pihak perusahaan Plat Merah tersebut (HK Realtindo) masalah ini  jangan dijadikan ajang permainan ataupun di buat mai-main. para Kontraktor mereka itu mengeluarkan modal besar untuk bangun perumahaan, bahkan sampai mereka jual asset agar proyek lancer dan segera dibayar. Tapi kenapa, pihak HK Realtindo, tidak memiliki rasa   kemanusiaannya bahkan rasa itu mungkin sudah hilang dari jiwa mereka, apakah Mereka tidak berpikir bagaimana nasib keluarga para kontraktor, apa mereka hanya mikirin perut dan golongan mereka saja tanpa pedulikan hak para kontraktor, .apalagi menurut keterangan atau informasi yang di dapat, mereka kan juga pada minta jatah reman, melebihi rentenir. ini Harus segera ditindak tegas , Oknum-oknum berdasi yang ada di HK Realtindo yang melakukan pungli itu, jika hal ini dibiarkan maka akan hancur HK Realtindo,” Saya berharap agar agar “Pak Erik Tohir sebagai Menteri BUMN Menyikapi permasalahan ini juga menindak tegas Oknum-oknum yang ada di HK Realtindo jika terbukti melakukan Pungli demi nama baik BUMN,  dan LIDIK KRIMSUS RI  siap mengawal dan mendampingi kasus ini sampai Tuntas ujar Rodhi. (Bambang MD)

Smber : Lapan6online.com

Komentar Anda

Berita Terkini