Sembilan Desa Merapi Selatan Aksi Demontrasi Tolak Pemindahan Aliran Sungai Gambir, dan Portal PT.BIMA

/ 7 Oktober 2022 / 10/07/2022 02:49:00 AM

 



LAHAT - POLICEWATCH.NEWS - Ratusan masa yang tergabung sembilan Desa Kecamatan Merapi Selatan, didampingi penasehat hukum Neko Firlyno,SH dan rekan mengawal aksi demo adanya pihak perusahaan akan memimdahkan sungai gambir yang mana untuk aktivitas kegiatan seperti mandi, mencuci, dan akan berdampak adanya kerusakan lingkungan " Kata salah satu warga yang ikut demo,

" ratusan warga dari perwakilan sembilan desa di Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan , Didampingi oleh Penasehat Hukum Poeyank,Neko Firlyno,SH.CS, Adakan Aksi Demo Damai menolak  rencana pemindahan alur sungai Gambir (6/10/2022 )

Apalagi sungai yang bakal dipindahkan ialah Sungai Gambir, salah satu sungai besar di Kecamatan Merapi Selatan. 

Menurut warga, bila terjadi pemindahan alur sungai gambir akan berdampak kebersihan sungai.  

Padahal sungai yang terletak di hulu itu, persisnya di Desa Lubuk Betung biasa dipakai masyarakat di sembilan desa untuk beraktivitas seperti mandi, mencuci dan kebutuhan sehari-hari lainnnya. 

“Kami warga Merapi Selatan, menolak pemindahan sungai ini. Tolong jangan lagi rusak kondisi alam kami. Kalau air kotor, warga akan banyak jadi korban,” 

Dari pantauan Awak media di lapangan

"Ya, diduga ada wacana pemindahan alur sungai oleh perusahaan tambang berinisial PT BPAC." 

Toni Dari pihak PT BPAC saat ditemui Penasehat Hukum POEYANK Dan massa aksi demo. Saat ini dirinya tak bisa berbuat banyak menanggapi tuntutan warga, mengingat ia hanya pekerja, ia sudah menyampaikan ke atasannya tapi belum ada jawaban . 

Di karenakan belum ada jawaban ataupun keputusan dari pihak perusahaan hingga sore hari akhirnya Warga mengadakan aksi pemortalan jalan aktifitas tambang PT.BIMA. (BPAC). Dan itu di sepakati pihak perusahaan dan warga. Apabila belum ada jawaban atau kesepakan dari pihak perusahaan( PT. BPAC ) perihal apa yang menjadi tuntutan warga, maka portal yang telah di pasang oleh warga jangan dulu di buka. Hingga berita ini di turunkan portal masih terpasang. 

Aksi demontrasi dikawal dari Polres Lahat dan dibantu personil Polsek Metapi,dan Koramil dan Camat Merapi Selatan ikut mengawal agar aksi damai ini tidak terjadi anarkis


Pewarta : Amrul

Editor      : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini