Tingkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar,KKM Kecamatan Praya Gelar MGMP

/ 20 Oktober 2022 / 10/20/2022 06:58:00 PM


Policewatch-Lombok tengah

Rapat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang dilaksanakan di MTs Ulil Absor Panti Desa Jago Kecamatan Praya membahas kisi-kisi soal ujian ahir semester ganjil berjalan dengan lancar, Sabtu, 20 oktober 2022. 

Kegiatan ini mengumpulkan guru mata pelajaran perwakilan dari setiap sekolah jenjang MTs se Kecamatan Praya guna membahas naskah soal yang akan dipakai pada pelaksanaan ujian nantinya.

Kegiatan ini sebagai ajang silahturahmi antar Madrasah khususnya MTs di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, dengan demikian pelaksanaan ujian bisa dilakukan secara serentak " tutur Kepala Madrasah Ulil Absor Panti

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala MTs Darul Falah NWDI Lendang Batah Fahrun rozi, S.Pd.I yang sekaligus di tugaskan sebagai Koordinator pendamping pada kegiatan MGMP yang dilaksanakan di MTS Ulil Absor Panti. 

Ia menjelaskan bahwa pertemuan ini dengan agenda penyusunan kisi-kisi soal penilaian ahir semester dimana bertujuan untuk menyatukan persepsi pada kisi-kisi khususnya pada kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)sekecamatan Praya,  

Musyawarah Guru Mata Pelajaran digelar di MTS Ulil Absor Panti terdiri dari dua mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia dan IPS yang pada sebelumnya sudah dilaksanakan MGMP mata pelajaran yang lain di lokasi Madrasah yang berbeda, pelaksanaannya selama lima hari dan berakhir pada hari senen lusa. ucapnya.

Dikesempatan yang sama, pada sambutannya, Misnawati, S.Si, salah satu pengurus KKM Kecamatan Praya menjelaskan bahwa MGMP mata pelajaran bertujuan untuk menunjukkan kemampuan guru secara maksimal sebagai guru profesional, baik dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas sebagai pendidik. Karena ciri guru profesional adalah mereka selalu meluangkan waktu hadir dikegiatan MGMP karena panggilan nurani untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang lebih baik khususnya di Forum MGMP Kecamatan Praya. tegasnya. 

Dikonfirmasi wartawan lewat via ponsel, Ketua KKM Kecamatan Praya Ahmad Faizin HS, M.Pd menjelaskan,  tujuan dari pelaksanaan MGMP ini adalah 

1. untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, menjadi forum untuk menyetarakan kemampuan guru di bidangnya guna menunjang pemerataan peningkatan kegiatan belajar mengajar.

2. Forum diskusi untuk guru mengenai permasalahan yang terjadi sehari-hari selama proses belajar mengajar.

3. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP.

4. Meningkatkan kompetensi dalam penyelenggaraan pembelajaran aktif, inovatif, keratif, efektif, dan menyenangkan.

Selanjutnya ia berharap kegiatan MGMP yang berlangsung di Kecamatan Praya dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar dan hasil musyawarah guru mata pelajaran yang sedang berlangsung ini,nantinya dapat diterapkan oleh semua guru di madrasahnya masing-masing,sebagai salah satu upaya perbaikan  agar Madrasah khususnya di bawah naungan KKM Kecamatan Praya kedepannya semakin hebat dan bermartabat, tutupnya

"Ojik"

Komentar Anda

Berita Terkini