Pernyatan Kades Suka Marga 138 Data Stunting Anak " HOAXS

/ 3 November 2022 / 11/03/2022 09:43:00 AM

  

LAHAT - POLICEWATCH.NEWS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat mengklarifikasi pernyataan Kades Suka Marga, Kecamatan Merapi Barat, Lahat, Rislan yang menyebutkan data stunting sebanyak 138 anak yang disampaikan Bupati Lahat di Desa Sukamarga adalah hoaks. 


Bupati melalui Kadinkes Lahat Taufiq M Putra,SKM.MM didampingi Kadin Kominfo Lahat, Rudi Darma, SE, M.Si menegaskan, bahwa apa yang disampaikan Bupati Lahat adalah merujuk dari data Dinkes Lahat pada tahun 2021 sebanyak 136 balita stunting. 


" Itu tidak benar apa yang disampaikan oleh Kades Sukamarga terlebih lagi Kades nya mengatakan jika data itu adalah hoaks. Perlu kita kita sampaikan, jika yang disampaikan Bupati Lahat berdasarkan data balita Stunting  tahun 2021 yang di SK kan di SK  desa lokus tahun 2022," jelasnya. 


Dan setelah di Croscek atau di Validasi ulang lanjut Taufiq, data stunting di Desa Sukamarga pada tahun 2021 sebanyak 74 orang balita. Namun untuk data stunting sampai bulan Agustus 2022, pihaknya terang Taufiq untuk datanya sudah ada akan tetapi masih dalam proses validasi ulang tujuan untuk mendapatkan data yang valid dan secara umum  Stunting sudah mengalami penurunan.


" Sebagian sudah tidak stunting lagi setelah di intervensi dan kami terus melakukan pemantauan terhadap balita stunting dan  beresiko stunting yang dilakukan oleh tim penanganan stunting,," terangnya. 


Untuk itu Taufiq sendiri menyayangkan pernyataan Kades Sukamarga yang seakan - akan apa yang disampaikan nya di salah satu media online merupakan hoaks. 


Dalam penanganan Balita stunting perlu sinergitas dan kebersamaan semua pihak baik Dinkes,puskes mas dan jajarannya,camat, kades,PKK,Kader stake holder yg terkait lainnya dan masyarakat. karena stunting ini adalah masalah multidimensi dan membutuhkan kerjasama multisektor.

Semoga kedepan harapan kita kerjasama, koordinasi, komunikasi lintas sektor lebih maksimal terutama di desa dan kecamatan agar angka stunting Kab.Lahat bisa kita turun dibawah 14% menuju Lahat Sehat Bercahaya.


Jurnalis : Bambang./AWDI

Komentar Anda

Berita Terkini