SWK Jajaran Kodam IX/Udayana Gelar Perkemahan Pramuka Terpusat Di Sedau Narmada

/ 5 November 2022 / 11/05/2022 11:25:00 AM



POLICEWATCH-Lombok Tengah .

Perkemahan Saka Wira Kartika (SWK) terpusat jajaran Kodam IX/Udayana tahun 2022 menggelar upacara perkemahan pramuka terpusat di Wisata Alam Gunung Jae Desa Sedau Kec. Narmada. kab Lombok Barat, Sabtu (5/11/2022), sebagai wahana pembinaan terhadap generasi penerus bangsa. 

Upacara perkemahan Saka Wira Kartika  terpusat dibuka langsung oleh Danrem 162/WB  Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo,S.Sos., M.M, yang dihadiri oleh seluruh Dandim Se Nusa Tenggara Barat dan forkopimca beserta 150 orang peserta perkemahan Pramuka SWK. 

Gerakan Pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian untuk menumbuhkan semangat jiwa patriotik, bela negara berdasarkan nilai-nilai universal, Dasa Darma Pramuka melalui revitalisasi secara institusional. 



"Saat ini gerakan Pramuka telah menjadi salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan nasional dan menjadi organisasi yang dapat menarik seluruh elemen masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menuju cita-cita bangsa," kata Letkol I Putu Tangkas saat menghadiri upacara pembukaan SWK terpusat di Sedau Narmada. 

kegiatan perkemahan Pramuka terpusat tingkat daerah Tahun 2022 ini di laksanakan dalam rangka pembinaan gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang telah dibentuk di masing-masing Kodim untuk meningkatkan solidaritas dan solidaritas dalam menjalin tali silaturahmi," ungkapnya. 

Selain itu pramuka juga nantinya diharapkan bisa menjadi kader dalam mengimplementasikan empat pilar kebangsaan antara lain Pancasila undang-undang dasar 1945 Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dalam untuk menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang,"harapnya. 

Adapun materi dan pembekalan ilmu yang akan di berikan selama tiga hari pelaksanaan perkemahan kepada para peserta Pramuka sebagai motivasi yakni, pengetahuan bela negara, wawasan kebangsaan, keterampilan navigasi darat, Pioneer dan Survival. 

"Dan tentunya tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan generasi muda yang cerdas beriman bertakwa berakhlak mulia berjiwa Patriotisme dan memiliki kemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan Taat Hukum," tandas Dandim."MN".

Komentar Anda

Berita Terkini