KPK Raih Penghargaan Germas Award Tahun 2022

/ 6 Desember 2022 / 12/06/2022 03:01:00 PM

 




GEDUNG MERAH PUTIH - POLICEWATCH.NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan penghargaan dalam Penganugerahaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Award Kementerian/Lembaga dan Forum Kemitraan Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK).

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron hadir langsung menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Menteri Kemenko PMK Muhadjir Effendy. Dari lima kategori, KPK mendapatkan penghargaan untuk kategori Pelaksanaan Deteksi Dini dan Inovasi Terbaik. 


Menteri Kemenko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik  No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Isinya, menginstruksikan kepada para Menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati/walikota, dan semua pihak terkait untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. 

“Saya menyerukan untuk semuanya, hendaknya peduli dan memberikan perhatian pada Germas sebagai langkah yang sangat strategis dalam peningkatan masyarakat untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing,” kata Muhadjir di Ruang Heritage Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

Muhadjir menjelaskan, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan kasus paling mematikan di dunia. Dimana 80% kasus kematian, khususnya di negara berkembang, disebabkan karena penyakit jenis ini. Data 2019, untuk Indonesia, kasus PTM sejak 2013-2018 terus mengalami peningkatan. 


Data itu menyebutkan pengidap hipertensi meningkat 34%, diabetes melitus 8,5%, obesitas 31%, dan semua itu diperburuk dengan meningkatnya pula kasus penyakit menular seperti TBC, HIV dan AIDS. Pun, Indonesia juga baru saja menghadapi wabah Covid-19. Oleh karenanya, diharapkan seluruh pihak menerapkan budaya Germas dan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari budayakan Germas dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat sehat menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya. 

Adapun Germas Award Tahun 2022 dibagi menjadi lima kategori dengan melibatkan seluruh kementerian / lembaga. 

Terdapat tujuh indikator penilaian, meliputi kebijakan atau regulasi Germas, adanya penanganan Germas, sosialisasi Germas kepada seluruh karyawan, pembudayaan Germas, implementasi Germas, penanganan Covid-19 serta evaluasi dan tindak lanjut pembudayaan Germas. 

Hasilnya, untuk kategori Pelaksanaan Deteksi Dini Penyakit dan Inovasi dimenangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi; kategori Pelaksanaan Aktivitas Fisik diraih oleh Badan Keamanan Laut RI; kategori Peningkatan Kualitas Lingkungan Sehat diraih oleh Kepolisian RI; kategori Dukungan Komitmen diraih oleh Kementerian Pertahanan. 

Sementara kategori Pembudayaan Germas Kementerian/Lembaga tahun 2022 diraih oleh Kementerian Pendahayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penilaian dilakukan selama dua bulan sejak 29 Agustus-31 Oktober 2022 dan bertindak sebagai juri ialah Kemenko PMK, Kemenkes, Kemendagri, BRIN, Bappenas, dan Sekretariat Kabinet.

Jurnalis : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini