Mahasiswa KKN UNBY Berikan Bimbingan Pengelolaan Sampah

/ 17 Februari 2023 / 2/17/2023 11:27:00 AM

 


POLICEWATCH.NEWS - JOGJAKARTA - Sampah merupakan permasalahan yang masih dan sering ditemui di sekitar kita, masalah sampah jelas menjadi tanggungjawab bersama untuk dituntaskan sehingga tidak lagi menjadi problem lingkungan.

Ketika dihubungi melalui pponselnya( 15/2/2023)   Mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 39 menjelaskan bahwa program peduli sampah bagi masyarakat di Dusun Serpeng Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan SemanubKabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta kami jadikan Program prioritas, ujar Rahma sarita.

Program ini dijalankan sejak awal februari 2023 yanh  menjadi salah satu langkah untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan pengolahan serta pembuangan sampah pada tempatnya. 

 Dalam program ini masyarakat diberi sosialiasi dalam bentuk materi dan video pengelolaan pemilahan sampah organik dan non organik melalui nobar atau nonton bareng di Balai Dusun Serpeng. 

Untuk sampah organik dapat dimanfaatkan kembali sebagai kompos, Sedangkan sampah non organik yang dipilah seperti botol plastik dan sampah rongsokan dapat dimanfaatkan dengan cara dijual kembali ke pengepul.

 Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 39 juga memberikan bantuan 16 bak sampah siap pakai yang diletakan di setiap titik di masing-masing RT. Masyarakat dihimbau untuk lebih peduli dengan membersihkan lingkungan dan mengubah kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. 

Jurnalis : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini