Pemprov Kepri Sudah Dapat Pajak Besar dari Warga Batam, Bantulah Bangun Jalan Provinsi

/ 28 Maret 2023 / 3/28/2023 10:41:00 PM


𝑈𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑝𝑒𝑚𝑏𝑎𝑛𝑔𝑢𝑛𝑎𝑛 𝑗𝑎𝑙𝑎𝑛 𝑢𝑡𝑎𝑚𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑠𝑒𝑑𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑠𝑎𝑎𝑡 𝑖𝑛𝑖, ℎ𝑎𝑚𝑝𝑖𝑟 70 𝑝𝑒𝑟𝑠𝑒𝑛 𝑎𝑛𝑔𝑔𝑎𝑟𝑎𝑛𝑛𝑦𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎𝑙 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝐵𝑃 𝐵𝑎𝑡𝑎𝑚.

TANJUNGPIAYU, policewatchnews.com KataBatam- Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) akhirnya angkat bicara soal kondisi Jalan S Parman Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, yang rusak parah.

Meski prihatin dengan keluhan masyarakat terkait kondisi jalan tersebut, namun BP Batam menjelaskan bahwa kewenangan untuk perbaikan Jalan S Parman berada di tangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov  Kepri).

Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR), melalui Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait, menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan telah membagi kelompok jalan umum kepada lima kategori.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Pasal 9 yakni jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.

Lebih jelas perihal status Jalan S Parman Tanjungpiayu juga telah diatur dalam Keputusan Gubernur Provinsi Kepri, Nomor 1863 Tahun 2016 Tentang Ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Provinsi Kepri.

Disebutkan bahwa jalan yang memiliki panjang 13,7 kilometer tersebut berstatus milik Pemerintah Provinsi Kepri.

"Itu tanggung jawab provinsi. Kita berharap, pemerintah provinsi turut membangun (jalan di Kota Batam yang jadi tanggung jawabnya), karena anggaran Kota Batam juga terbatas," ujar Ariastuty, Senin (27/3/2023).

Penjelasan tersebut beralasan. Pasalnya, banyak masyarakat yang menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Kepala BP Batam di beberapa kesempatan.

Oleh karenanya, Ariastuty meminta agar masyarakat memahami kondisi yang ada.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa anggaran BP Batam pun juga terbatas. Tak sebesar yang diharapkan masyarakat.

"Makanya ada skala prioritas yang harus kita selesaikan. Pemerintah provinsi juga mendapat pajak dari Kota Batam yang cukup besar yaitu Pajak Kendaraan Bermotor. Ketika masyarakat telah menjalankan kewajibannya membayar pajak, maka pemerintah wajib memenuhi kebutuhannya agar ada hubungan timbal balik," bebernya lagi.

Untuk pembangunan jalan utama yang sedang berlangsung saat ini, Ariastuty Sirait menuturkan bahwa hampir 70 persen anggarannya berasal dari BP Batam.

Termasuk peningkatan dan pelebaran jalan dari Nongsa menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam, serta sejumlah jalan arteri lainnya.

"Kepala BP Batam sudah bangun semua karena kota yang kita cintai ini menjadi lokomotif ekonomi Kepri. Maka kami berharap, tahun 2029 semua jalan yang saat ini dikerjakan selesai. Mari kita dukung bersama pembangunan yang sedang berlangsung," pungkasnya.

𝗕𝗣 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺 𝗔𝗺𝗯𝗶𝗹 𝗔𝗹𝗶𝗵 𝗣𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗝𝗮𝗹𝗮𝗻 𝗣𝗿𝗼𝘃𝗶𝗻𝘀𝗶 𝗱𝗶 𝗦𝗶𝗺𝗽𝗮𝗻𝗴 𝗧𝗮𝗶𝘄𝗮𝗻

BP Batam berkomitmen untuk membangun infrastruktur jalan yang ada. Bahkan, BP Batam juga turun tangan mengambil alih perbaikan jalan rusak di Simpang Taiwan, Kota Batam, beberapa waktu lalu.

Meski berstatus jalan provinsi, tapi BP Batam langsung merespons keluhan masyarakat di sekitar lokasi terkait kerusakan jalan yang cukup parah.

"Kita tidak bisa mengabaikan kondisi kerusakan jalan ini berlarut-larut. Karena jalan ini masuk dalam kawasan strategis nasional, salah satu pusat industri Batam," ujar Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis BP Batam, Fesly Abadi Paranoan, pertengahan tahun lalu. (Erlina)

Komentar Anda

Berita Terkini