Bupati Lahat Berikan Bantuan Bibit Sawit Kepada 13 Kelompok Tani Dan Bibit Pinang Kepada 9 Kelompok

/ 7 Maret 2023 / 3/07/2023 08:33:00 PM

 


  

POLICEWATCH.NEWS - SUMSEL Bupati Lahat Cik Ujang.,SH didampingi oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.,SE.MM memberikan bantuan bibit sawit dan bibit pinang kepada 26 Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Lahat. Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Wanaraya Kecamatan Kikim Barat, selasa (07/03/23). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi.,ST, Anggota DPRD, Kepala Dinas Perkebunan Vivi Anggraini.,S.TP.M.Si, Kadis PUPR, Kadis PRKPP, KA. BAPPEDA, KA. BAPENDA, KA. BKPSDM, Kadis TPHP, Kadis DPMPTSP, Kadis Sosial, Kadis Nakertrans/mewakili, Kasat Pol-pp & Damkar, Kadis Kominfo, Camat se-Kikim Area, Kepala Desa se-Kikim Area, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan tamu sesuai undangan. 


Vivi Anggraini.,S.STP.M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat melaksanakan kegiatan bantuan sawit sebanyak 37.180 batang bibit sawit pada 13 Kelompok Tani, dan 82.800 bibit pinang pada 9 Kelompok Tani yang bersumber dari Dana APBD murni Kabupaten Lahat Tahun anggaran 2023.

"Pemerintah Kabupaten Lahat berhasil mewujudkan misi ke-4 Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat untuk meningkatkan kesejahteraan petani pekebun Lahat melalui peningkatan produksi dan produktivitas tanaman perkebunan yang ada di Kabupaten Lahat dengan pemberian pupuk 37 ton/37 liter. Selanjutnya juga akan pemberian bibit kopi sebanyak 1.121 batang dan bibit vanili sebanyak 5.550 batang, serta herbisida sebanyak 1.200 liter. Ini merupakan wujud kepedulian Bupati Lahat dan Wakil Bupati Lahat untuk meningkatkan kesejahteraan petani Kabupaten Lahat khususnya di Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat", sampainya. 

Kemudian Vivi menambahkan, Pada Tahun ini juga akan dilakukan penangkaran kopi bibit unggul pertama di Kabupaten Lahat yang nantinya akan diawali dengan penandatanganan MOU oleh Bupati Lahat dengan Direktorat Jendral Perkebunan di Penas (Pekan Nasional) Kota Padang sekitar bulan 5 atau bulan 6 Mei mendatang", tutup Kepala Dinas Perkebunan. 


Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Lahat Cik Ujang.,SH mengucapkan Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Lahat. Kami berharap Pembangunan disektor Perkebunan khususnya budi daya tanaman sawit dan pinang akan lebih sukses dan Bercahaya dengan memperhatikan budi daya yang lebih baik, seperti menggunakan bibit unggul, jarak tanam, pemberian pupuk berimbang serta pengendalian hama dan penyakit. Diharapkan pemberian peningkatan hasil produksi dan produktivitas yang maksimal, dan saya yakin karena sudah ada penyuluh-penyuluh pertanian. 

"Untuk mendukung program-program pembangunan yang di prioritaskan oleh Pemerintah seperti di bidang sektor perkebunan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan serta kelestarian lingkungan. Saya sangat mendukung kegiatan ini karena sesuai dengan sasaran yang tertuang dalam RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Lahat Tahun 2018-2023 dan mendukung visi misi Bupati Lahat.

Bupati Lahat juga berharap, bantuan ini dapat mendukung pemulihan ekonomi yang kuat di masyarakat Kabupaten Lahat menuju produksi dan produktivitas meningkat petani sejahtera Lahat semakin Bercahaya", tutup Bupati. 

Di akhir acara, Bupati Lahat didampingi oleh Wakil Bupati Lahat dan Ketua DPRD Kabupaten Lahat memberikan doorprize berupa lemari es, mesin cuci dan televisi kepada masyarakat dalam sesi tanya jawab sekaligus dilakukan pemotongan nasi tumpeng. 

Jurnalis : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini