PPK Cibiuk Plenokan Rekapitulasi Data Hasil Pemutakhiran

/ 3 April 2023 / 4/03/2023 08:38:00 AM

 



Garut-policewatch.news-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cibiuk menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). 

Rapat dipimpin oleh Ketua PPK Cibiuk, Rida Fahlevi.

“Hari ini kita sudah laksanakan rapat pleno. Untuk Kecamatan Cibiuk ada penambahan TPS (Tempat Pemungutan Suara) dari pemilu sebelumnya. 

Untuk Pemilu 2024 ada 105, sedangkan Pemilu 2019 ada 95 TPS,” kata Rida di Aula Kantor Kecamatan Cibiuk, Garut, Minggu (2/4).

Rida didampingi Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rudi Herdiansyah, dan empat anggota PPK Cibiuk, yakni Dedi Rohmat, Sunardi Abdurrahman Halim, Salman Alfarisi, dan Habibie Moh Amien.

Rida mengungkap DPHP bukan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Ditegaskan, DPS nantinya akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut.

“Ini bukan DPS, karena tingkat kecamatan. Nanti DPS akan disahkan oleh KPU Kabupaten Garut. DPS itu nantinya setelah ditetapkan, masih ada perbaikan data. Jadi, data ini bukan hasil akhir, tetapi dari hasil pemutakhiran,” ucap Rida.


Pada kesempatan yang sama, Anggota PPK Cibiuk Divisi Olah Data Pemilih (ODP), Sunardi mengatakan masing-masing partai akan diberikan data DPHP. Sunardi juga menjabarkan secara umum data DPHP.

“Setelah proses coklit (pencocokan dan penelitian), maka data yang diperoleh untuk tingkat Kecamatan Cibiuk, pemilih aktif ada 26.235, jumlah pemilih baru 2.056, jumlah pemilih tak memenuhi syarat 1.574, jumlah perbaikan data pemilih 1.956, jumlah pemilih potensial non KTP-el 862,” kata Sunardi.

Sementara itu, Ketua Panwascam Cibiuk, Rudi Herdiansyah mengajak seluruh lapisan masyarakat Cibiuk untuk menjunjung tinggi demokrasi.

“Saya pesan kepada seluruh warga, mari kita kawal bersama jalannya tahapan demi tahapan pemilu ini untuk menyukseskan serta sama – sama junjung tinggi asas-asas demokrasi, yaitu ‘dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat’. Jadi, apa pun kegiatan demokrasi itu harus berjalan dari tiga faktor tersebut,” kata Rudi.

Selain Ketua Panwascam Cibiuk, rapat pleno rekapitulasi DPHP dihadiri antara lain oleh Camat Cibiuk, Kapolsek Cibiuk, Danpos Cibiuk, seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Cibiuk, dan ada 9 pimpinan partai politik.(dera)

Komentar Anda

Berita Terkini