IPW : Komjen pol Agus Adrianto Jabat Wakapolri Sudah Tepat Sementara Kabareskrim dijabat Komjen pol Wahyu Widada

/ 27 Juni 2023 / 6/27/2023 04:10:00 PM

 

Komjen Agus Andrianto


JAKARTA - POLICEWATCH.NEWS Indonesia Police Watch (IPW) menilai penunjukan Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri dan Komjen Wahyu Widada menjadi Kabareskrim adalah hal tepat. 

Penempatan Komjen Wahyu Widada sebagai Kabareskrim, lanjut IPW, menunjukkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons situasi di tengah masyarakat.

"Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri dan Komjen Wahyu Widada menjadi Kabareskrim, adalah penempatan posisi yang tepat," kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Menurut Sugeng, posisi Wakapolri harus diisi perwira tinggi Polri senior. Pasalnya Wakapolri harus mampu mengkonsolidasi internal Polri.

"Dan Komjen Agus Andrianto perwira tinggi Polri Angkatan 89, sudah tepat menempati posisi Wakapolri," ujar Sugeng.

Kabareskrim hingga Wakapolri

"Sementara pengangkatan Komjen Wahyu Widada, alumni akpol 91 yang meraih Adhi Makayasa, sebagai Kabareskrim oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menunjukkan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat responsif atas situasi berkembang," imbuh Sugeng.

Sugeng menyebutkan masyarakat rindu akan penegakan hukum yang profesional, berkeadilan dan tak tumpul ke atas-tajam ke bawah. "Di tengah masyarakat yang merindukan fungsi penegakan hukum Polri profesional dan berkeadilan, menjauhi penyalahgunaan wewenang, tajam ke bawah dan tumpul ke atas," lanjut Sugeng.

Sugeng berpendapat Komjen Wahyu Widada orang yang tepat untuk menegakkan marwah institusi, dan menaikkan citra Polri. Sugeng menuturkan Wahyu sosok yang cerdas, berwibawa, profesional, dan jauh dari isu-isu negatif.

"Dengan penempatan Wakapolri dan Kabareskrim yang baru ini, IPW berharap tugas Polri dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, dan memberi perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik sesuai dengan Program Presisi Polri," harap Sugeng.

Jika harapan masyarakat dapat diwujudkan Polri, Sugeng yakin masyarakat akan makin percaya kepada Polri.

"Dengan begitu ke depan, citra Polri dan kepercayaan Publik terhadap Polri tetap terjaga melalui pembenahan-pembenahan dan bersih-bersih yang terus dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit," pungkasnya (Bambang MD)

Komentar Anda

Berita Terkini