Kabareskrim Beri Ucapan Selamat Devi Suhartoni Pimpin DPW Pujakusuma Sumsel

/ 1 Juni 2023 / 6/01/2023 07:05:00 PM

 




SUMSEL - POLICEWATCH.NEWS - Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto memberikan ucapan selamat atas dilantiknya Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) H. Devi Suhartoni pimpin Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2022-2027.

Dalam ucapan Kabareskrim Komjen Pol Agus Adrinto mengatakan saya ucapkan kepada Devi Suhartoni memimpin Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma di Sumatera Selatan, yang Bertepatan di Hari Ulang tahunnya yang ke-54, H.Devi Suhartoni. 

Sementara itu Ketua Umum DPP Pujakesuma, Eko Supianto, SE di Auditorium Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (1/6/2023) menyerahkan bendera pataka kepada Bupati Muratara H. Devi Suhartoni serta Surat keputusan dari DPP Pusat susunan pengurus DPW Pujakesuma Sumsel. 

Acara Pelantikan ini turut dihadiri Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang juga sebagai Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuna DPW Sumsel.

Ketua DPW Provins Sumsel H.Devi Suhartoni dalam pidatonya menjelaskan, Paguyuban Pujakesuma Ini dibentuk dengan tujuan menjadi generasi penerus suku jawa  guna mempertahankan  tradisi seni dan budaya dari pendahulu dan menciptakan generasi yang tak lupa sejarah.

Paguyuban Pujakusuma ini  sebagai alat permasatu tali silaturahmi ke sesama suku jawa dan untuk meneguhkan eksistensi suku jawa yang ada di Sumatera Selatan hingga muncul intelektual dan birokrat suku jawa yang menduduki posisi Pemerintahan.ujar " Devi


“Paguyuban ini merupakan sarana untuk membuat komunitas yang saling " asah, asih " dan asuh, serta dengan hadirnya pujakesuma terciptalah media untuk mempertautkan perasaan orang jawa di tanah seberang,”kata H.Devi Suhartoni. 

Devi juga menjelaskan kedepan DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel kedepan memiliki program diantaranya, belajar bahasa jawa halus dan kasar.

Selain itu sambung Devi, Keluarga Besar Pujakesuma harus memiliki keterampalan dalam berbahasa Inggris, maka kedepan DPW Pujakesuma di Sumsel harus belajar menguasahi bahasa inggris dengan cepat.

“Menciptakan koperasi dan juga UMKM, membentuk legal LBH Pujakesuma Sumsel dan masih banyak program-program lainnya,”jelas dia.

Bupati Devi Suhartoni menjelaskan, kalau program ini merupakan wujud dari kearifan lokal yang selaras dengan semangat global, nilai kebudayaan yang terus menjunjung kokohnya nilai kebangsaan.

“Semoga ini bisa menjadi sarana untuk menyatukan atau bahasa jawanya "  Ngumpulne balung pisah " sebagai elemen dasar yang membangun kepercayaan sebagai inti model sosial bangsa indonesia terkhusus Sumsel,”ucapnya 

Devi Suhartoni sedikit memberikan sejarah singkat keturunan Jawa dirinya, dia menyebut kalau Mbah Putri (Nenek) dari Sang Ibunda Tercinta merupakan keturunan dari Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur.

Jurnalis : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini