PRAKTIKUM KULIAH PRODI SEJARAH PERADABAN ISLAM UIN SGD BANDUNG BERSAMA DPP SYARIKAT ISLAM INDONESIA

/ 22 Juni 2023 / 6/22/2023 03:02:00 PM

 

Dok:policewatch

Jakarta-policewatch.news-Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung membawa 40 orang mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam untuk melaksanakan Praktikum Kuliah ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam Indonesia (PSII) pada Rabu siang, 21 Juni 2023 kemarin.

Kuliah tersebut dilaksanakan dengan suasana penuh kekeluargaan di aula terbuka di kawasan peternakan sapi qurban Presiden Lajnah Tanfidziyah DPP PSII, Kedoya, Jakarta Barat.

Rombongan mahasiswa yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. KH. Asep Ahmad Hidayat, M.Ag. ini disambut langsung oleh Presiden LT PSII, KH. Muflich Chalif Ibrahim didampingi Presiden Dewan Pusat KH. M. Abdussalam Ismail, Sekjen LT H. Rahandani, Sekjen DP Iwang Wahyu, Wapres LT Salim Tamim dan Wasekjen LT M. Azizi Rois, beserta jajaran pengurus DPP lainnya.


Dalam acara pembukaan yang dipandu oleh tim Fakultas Fathia Lestari, Asep Ahmad Hidayat menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka menggali informasi tentang PSII sebagai organisasi tertua yang pertama lahir di Indonesia langsung dari sumber utamanya.

_"40 orang mahasiswa Prodi Sejarah Peradaban Islam yang hadir saat ini patut berbangga dan berbahagia, karena bisa menerima informasi tentang PSII sebagai organisasi tertua perintis dan pendiri Indonesia, langsung dari Pimpinan Syarikat Islam Indonesia (PSII) sebagai sumber utama yang merupakan kelanjutan sejarahnya yang masih utuh dannorisinil, tetap berdiri hingga saat ini."_ ujar Abah Asep yang juga merupakan salah satu Wakil Presiden DPP PSII.

Gayung bersambut, Presiden Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam Indonesia (PSII) KH. Muflich Chalif Ibrahim sangat menyambut baik atas kedatangan mahasiswa UIN SGD Bandung ke DPP PSII sebagaimana maksud yang telah disampaikan Ketua rombongan tersebut.

Selama sekitar 2 jam, Presiden LT PSII menjelaskan berbagai hal tentang sejarah berdirinya PSII pada 16 Oktober 1905, kilasan peristiwa-peristiwa penting di Indonesia, perubahan nama PSII dan Presiden dari masa ke masa, ketokohan Guru Bangsa HOS. Tjokroaminoto, dan kelembagaan DPP PSII saat ini yang telah berhasil melewati berbagai halangan dan rintangan berat selama percaturan sejarah Indonesia.

Selain Presiden LT, jajaran pengurus lainnya pun ikut menambahkan berbagai info-info penting lainnya  yang diperlukan oleh mahasiswa dalam sesi diskusi terbuka. Mahasiswa pun aktif menyampaikan pertanyaan-pertanyaan menarik dan penting.

Selanjutnya, setelah istirahat dan jamuan makan siang, acara dilanjutkan dengan observasi dan wawancara langsung mahasiswa kepada para narasumber. 

Walhasil, para mahasiswa pun merasa senang karena bisa mendapatkan dokumen-dokumen resmi dan berbagai buku yang disediakan sebagai bahan penelitian dan penyusunan karya tulis ilmiah mahasiswa.

Selain itu, salah satu narasumber M. Azizi Rois menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara praktikum kuliah tersebut.

_"Kami sangat mengapresiasi acara ini, dan berharap semoga dapat diagendakan kembali setiap tahun, insyaallah kami sangat siap mendukung. Karena untuk memenangkan bonus demografi, generasi muda milenial kita saat ini harus melek akan keaslian sejarah bangsanya."_ terang Azizi yang merupakan Direktur Tjokro Guru Bangsa Institute itu.(dera)

Komentar Anda

Berita Terkini