Gawat ,Diduga Jual Aset Milik Negara DI akhirnya ditahan Pihak Kejari Muara Enim

/ 18 Juli 2023 / 7/18/2023 07:32:00 PM

 


MUARA ENIM - POLICEWATCH.NEWS,-Kejaksaan Negeri Muara Enim berhasil mengungkap kasus penjual aset Pemda Muara Enim yang berada di Jalan Pramuka Desa Gunung Megang Luar Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.

Aset Pemda Muara Enim yang dijual tersebut disinyalir sudah dipergunakan untuk aktivitas tambang batubara PT Rantai Mulia Kencana (RMK) dan PT Turba Batu Bara Enim (TBBE)).

Dari kasus tersebut, Kejaksaan Negeri Muara Enim sudah menetapkan satu orang tersangka berinisial DI, yang diduga sudah melakukan penjualan aset Pemda Muara Enim yang berada di Desa Gunung Megang Luar.

Terhadap tersangka DI, Kejaksaan Negeri Muara Enim sudah melakukan penahanan untuk dititipkan di Lapas Kelas IIB Muara Enim, Selasa (18/07/2023).


Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Ahmad Nuril Alam SH MH, didampingi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muara Enim Anjasra Karya SH. MH, di Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim, Selasa (18/07/2023).

Ahmad Nuril Alam SH MH menjelaskan bahwa kasus penjualan aset Pemda Muara Enim ini terjadi pada tahun 2021 lalu.

Dari penjualan aset Pemkab Muara Enim tersebut ungkap Kajari, negara sudah dirugikan sebesar Rp. 1.868.468610,99,- (Rp 1,8 Miliar).

Namun sudah ada itikad baik dari tersangka DI untuk menitipkan uang di Kejaksaan Negeri Muara Enim sebesar Rp 74 Juta.

Selain itu, lanjut Kajari, Juga ada itikad baik dari saksi PT Rantai Mulia Kencana (RMK) menitipkan uang di Kejaksaan Negeri Muara Enim sebesar Rp. 300 Juta.

Ahmad Nuril Alam SH MH menambahkan bahwa aset Pemkab Muara Enim yang sudah dijual ke perusahaan tambang batu bara itu sepanjang 1,7 kilometer.  Uang hasil penjual aset Pemda Muara Enim tersebut masuk kedalam rekening pribadi tersangka DI

Dalam perkara ini banyak perhitungan kerugian negara termasuk diantaranya bahwa aset Pemkab Muara Enim tersebut sudah pernah dibangun menggunakan anggaran APBD Kabupaten Muara Enim.

Dalam perkara ini, Kejaksaan Negeri Muara Enim sudah menetapkan satu orang tersangka berinisial DI.

” Selain itu Penyidik Kejaksaan Negeri Muara Enim juga sudah melakukan pemanggilan dan memeriksa puluhan saksi – saksi. Sehingga tidak tertutup kemungkinan masih ada tersangka lain,” kata Ahmad Nuril Alam SH MH. (RED)

Komentar Anda

Berita Terkini