GEREBEK ROMANTIS MALAM 1 SURO GUNUNG ARJUNO PAWON(peparing mawon)

/ 18 Juli 2023 / 7/18/2023 06:46:00 PM

 


POLICEWATCH.NEWS,PASURUAN-Malam Satu Suro adalah awal tahun baru Hijriah yang dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Lantas, kapan Malam Satu Suro 2023 ? 

Salah satu tradisi masyarakat Jawa, yang berada di tempat petilasan unto bugo gunung Arjuno desa Tambaksari Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan mengadakan acara sedekah, kegiatan tersebut berupa memberikan pelayanan dan jamuan makan secara gratis 2 hari berturut turut yang diawali pada malam 1 suro, yang diadakan oleh perkumpulan yang dinamakan PAWON(peparing mawon)


Makna dari ritual Malam Satu Suro ialah refleksi diri atau mengingat kembali kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat selama satu tahun yang telah dilewati. Malam Satu Suro menandai bergantinya tahun, sehingga pada lembaran baru diharapkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan tersebut merupakan warisan leluhur yang dilaksanakan secara turun-temurun, bagi masyarakat sekitar acara tersebut merupakan bentuk rasa terima kasih kepada sang penciptanya atas segala Rizky yang melimpah serta terhindar dari mara bahaya dan cobaan dalam ritual jawa " penghapes"  atau nasib sial.

Menanggapi hal tersebut H.Abdul Malik Lembaga Investigasi Negara memaparkan dan mendukung dengan adanya acara tersebut agar setiap tahunnya terlaksana meriah dan dapat support dari element masyarakat khususnya warga Desa Tambaksari kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan Dan sekitarnya. pungkasnya.(sy)

Komentar Anda

Berita Terkini