Sinergi Lintas Sektoral TNI, Polri Beri Penyuluhan Hukum Dan Wasbang Di Sekolah

/ 18 Juli 2023 / 7/18/2023 02:57:00 PM


Policewatch-Lombok Tengah.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023, Kodim 1620/Loteng dan Polres Loteng bersinergi untuk memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan penyuluhan hukum kepada anak anak sekolah di SMAN 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (18/7/2023). 

"Penyuluhan hukum dan Wasbang yang dilakukkan ini merupakan salah satu program kegiatan sasaran non fisik program TMMD ke-117 yang di gelar Kodim 1620/Loteng di seluruh sasaran secara terpisah se Kabupaten Lombok Tengah," ujar Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur. 

Menurutnya, kolaborasi dan sinergitas Kodim dan polres hadir di tengah tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan penyuluhan terkait Wasbang maupun hukum di sekolah sekolah, untuk menumbuhkan jiwa rela berkorban maupun tentang kepatuhan hukum bagi para generasi muda. 

"Dengan tujuan selain untuk mensyukseskan program non fisik TMMD ke-117 juga sebagai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagi generasi muda kita saat ini maupun kedepannya" kata Kasdim. 


Selain itu, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan dan tanah airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila Undang-undang Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam. 

"Karena tujuan utamanya adalah memberi pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan," jelas Mayor Syukur. 

Sementara Kepala seksi hukum (Kasi kum) Polres Loteng Iptu Lalu Abdurrahman mengungkapkan, penyuluhan hukum untuk anak anak di sekolah merupakan implementasi dalam mewujudkan dan mensyukseskan kegiatan non fisik program TMMD serta mengembangkan kesadaran hukum bagi anak anak sekolah dan generasi muda maupun masyarakat. 

"Sehingga nantinya akan tercipta budaya hukum dan kepatuhan hukum untuk meningkatkan pengetahuan individu, kelompok, dan masyarakat sehingga dapat diterapkan perilaku sehat," ungkap Iptu Lalu Abdurrahman. 

Menurutnya, melalui program TMMD ke- 117 kodim 1620/Loteng merupakan momen kesempatan untuk penyebarluasan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di seluruh lapisan masyarakat secara merata. 

"Semoga melalui program ini penyuluhan hukum yang kami berikan bisa memberikan kesadaran hukum bagi generasi muda maupun masyarakat luas," tandasnya.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini