TNI bangun Jembatan Aliran Air Ke Sawah Jadi Lancar

/ 17 Juli 2023 / 7/17/2023 05:20:00 AM

 



Policewatch-Lombok Tengah.

Jembatan penghubung dusun Rangah yang ada di Desa Pengadang rampung sekitar 20% adalah wujud nyata program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023, yang hadir sebagai solusi mengatasi kesulitan yang di hadapi petani. 

Jembatan yang berukuran 3x4 meter yang di bangun TNI AD,  Kodim 1620/Loteng tersebut nantinya akan menjadi solusi sebagai akses jalan alternatif masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya sehari hari, khususnya di Dusun Rangah Desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (16/7). 

"Bahkan jembatan yang di bangun ini nanti selain menjadi akses jalan juga dapat memperlancar aliran air ke sawah kami," ujar Nasrun salah satu petani dusun Rangah yang turut membantu dalam pembangunan jembatan. 


Nasrun pun menuturkan, sebelum jembatan tersebut di bangun saluran air yang akan mengaliri sawahnya sering mampet sehingga aliran air yang mengalir kesawahnya sering mengalami kendala karena sering tertutup timbunan tanah akibat dari jembatan kayu yang menutupi aliran air. 

"Namun kini setelah di lakukkan pembangunan jembatan oleh bapak TNI,  Insyaallah sekitar 1,5 Hektar sawah akan lancar di aliri air sehingga tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengaliri air ke seluruh sawah sawah kami," tutur Nasrun. 

Sementara Babinsa Pengadang Serka Junaidi mengungkapkan, jembatan yang memiliki panjang 4 meter dengan lebar 3 meter tersebut juga akan di buatkan semacam gorong gorong dengan pondasi cor beton dan rangka besi sehingga dapat mempermudah aliran air yang akan mengalir melalui bawah jembatan. 


"Karena jembatan ini akan di buat permanen dan bisa dilintasi oleh kendaraan baik R2 maupun R4," ungkap Junaidi. 

Selain itu, jembatan ini juga nantinya akan bisa menjadi solusi terbaik petani baik sebagai akses keseharian maupun sebagai akses alternatif memperlancar aliran air ke sawah. 

"Dan mudah mudahan dengan hadirnya kami memberikan solusi dengan membangunkan jembatan, keluh kesah petani dusun Rangah bisa teratasi dalam mengatasi saluran air yang sering terhambat," Tandas Junaidi.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini