Program TMMD di Sepakek Segera Rampung, Sisa Satu Gorong-gorong Jalan Usaha Tani Dibangun

/ 8 Agustus 2023 / 8/08/2023 12:53:00 PM


Policewatch-Lombok Tengah.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 Kodim 1620/Loteng di Desa Sepakek menjadi sorotan warga sekitar dan pemerhati pembangunan yang telah memberikan dampak perubahan melalui infrastruktur jalan jalan baru di setiap titik lokasi desa. 

"Melalui program TMMD ini daerah tersebut diharapkan semakin berkembang dan infrastruktur desa menjadi lebih baik. Salah satu pembangunan dalam program ini adalah pembangunan gorong-gorong jalan usaha tani yang tinggal menyisakan satu unit lagi untuk di rampungkan," kata Dansatgas Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, Selasa (8/8/2023). 

Hingga saat ini lanjut Dansatgas, progres pelaksanaan TMMD di Spakek sudah mencapai tahap akhir. Dalam kurun waktu Satu bulan, berbagai infrastruktur penting seperti pembukaan jalan baru, perbaikan jalan-jalan utama desa, pembuatan gorong gorong dan penyuluhan penyuluhan di titik tik lokasi sasaran TMMD. 

"Dari program yang kami hadirkan inilah warga desa secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini, menunjukkan semangat gotong royong yang tinggi demi pembangunan," ucap Dansatgas 



Salah satu fokus utama program TMM di Sepakek adalah memperkuat usaha tani, yang merupakan mata pencaharian utama warga desa. Jalan usaha tani yang hanya berupa jalan setapak sebelumnya seringkali menjadi rawan karena licin saat musim hujan tiba. 

"Dengan dibangunnya jalan baru dan pemasangan gorong-gorong, jalan tersebut menjadi lebih luas tahan lama dan memudahkan mobilitas petani dalam mengangkut hasil panen mereka baik di kebun maupun di sawah," terangnya. 

Meskipun telah mencapai tahap akhir, pemasangan gorong-gorong beberapa kali mengalami tantangan. Cuaca yang tidak menentu dan lahan yang berlumpur dan banyaknya pepohonan besar dan bambu yang harus disingkirkan menjadi kendala utama dalam proses pembangunan. 

"Namun, dengan semangat pantang menyerah, Anggota satuan Tugas (Satgas) TMMD dan warga desa terus berupaya untuk menyelesaikan pembangunan ini sampai tepat waktu," jelas Dansatgas. 

Diharapkan, setelah rampungnya gorong-gorong jalan usaha tani ini, pertumbuhan ekonomi di Desa Sepakek semakin menggeliat. Aksesibilitas yang lebih baik akan membuka peluang baru bagi warga desa untuk mengembangkan sektor pertanian dan usaha lainnya. 

Selain itu, keberhasilan program TMMD juga akan menjadi contoh nyata betapa pentingnya sinergi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam memajukan wilayah pedesaan. 

"Semoga kehadiran infrastruktur baru ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," Tandas Dansatgas.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini