Polri Berikan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin

/ 24 Oktober 2023 / 10/24/2023 11:52:00 AM


Policewatch-Lombok Utara.

Polda NTB, Kasikum Polres Lombok Utara  Iptu Agus Sugianto Sh., melaksanakan kegiatan bimbingan perkawinan Pra Nikah bagi calon pengantin Tingkat Kementrian Agama Kabupaten Lombok Utara, bertempat di Masjid Jami'ul Jama'ah Dusun Karang Pangsor Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang KLU. Senin, 23/10/2023.

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K M.Si., melalui Kasi Hukum (Kasikum) Polres Lombok Utara Iptu Agus Sugianto Sh., menyampaikan kepada awak media  di sela - sela kegiatannya, bahwa  Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin Tingkat Kementrian Agama Kabupaten Lombok Utara di KUA Kecamatan Pemenang, dengan Materi Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain perwakilan dari Kementrian Agama KLU, Kepala KUA Kecamatan Pemenang dan 100 Pasangan Calon pengantin dan orang nikah

Dalam kegiatan tersebut Agus Sugianto menyampaikan beberapa materi tentang perkawinan sebagaimana di atur dalam Pasal 28 B  ayat (1) Undang -Undang Dasar 1945, menyatakan setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah, maka perkawinan merupakan Hak Asasi Manusia .

Dan dalam Pasal 6 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menyebutkan bahwa harus di dasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai dan di sampaikan juga tenta. Undang-undang No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Disamping itu ia mengucapkan selamat kepada para  pasangan calon pengantin/pranikah yang akan melaksanakan pernikahan

Diharapkan kepada para calon mempelai baik laki maupun perempuan  hendaknya dalam kehidupan berumah tangga harus saling pengertian antara suami istri untuk menciptakan hubungan suami istri yang  harmonis, sakinah, mawadah, warokmah, guna   menghindari terjadinya potensi gangguan yaitu perselisihan pendapat dalam rumah tangga yang berujung terjadinya kekerasan dalam rumah tangga yang dapat berakibat fatal yaitu  berurusan dengan hukum, bahkan perceraian. Ulasnya.

Masih harapan Kasi Hukum mengingat sekarang ini sudah mulai tahun   politik sehingga Intensitas Politik di masyarakat mulai meningkat,  biarpun beda pilihan akan tetapi kita harus satukan  barisan guna terjalinnya, toleransi, komonikasi  untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di masyarakat sehingga  terciptanya Pemilu damai. Tutup Kasikum

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini