TNI Bersama Poktan Berkomitmen Menjaga Ketahanan Pangan Nasional.

/ 2 November 2023 / 11/02/2023 04:53:00 AM


Policewatch-Lombok Tengah.

Dandim 1620 Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kartanegara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) dan Kelompok Tani (Poktan) Pringrata, melaksanakan video conference (vicon) bersama Wakil Presiden, Panglima TNI, dan Kapolri dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023. 

Kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk membahas strategi dan langkah-langkah yang harus diambil dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional secara merata dan konvensional. 

"Melalui Vicon, Wakil Presiden, Panglima TNI, dan Kapolri memberikan arahan dan pedoman kepada para pemangku kepentingan di daerah, termasuk Pangdam, Danrem, Dandim, gubenur, Bupati, Camat, Kades, dan seluruh kelompok tani di seluruh wilayah indonesia," ujar Dandim Rabu (1/11/2023). 

Selain itu, salah satu penekanan penting yang disampaikan adalah menjaga kedaulatan pangan dan mengurangi ketergantungan pada impor pangan," tambahnya. 


Menurut Dandim, sesuai arah Wakil Presiden Republik Indonesia yaitu pentingnya inovasi dalam pertanian dan penggunaan teknologi modern untuk meningkatkan produktivitas pertanian. 

"Waki Presiden repulik indonesia juga memberikan apresiasi kepada TNI dalam rangka Hut-78  TNI berhasi membuat inovasi Gerakan nasioanal ketahan pangan serentak di seluruh wilyah indonesia," Ucapnya. 

Selain Wapres, Panglima TNI dan Kapolri menyoroti pentingnya peran keamanan dalam menjaga ketahanan pangan. Mereka menekankan perlunya kerjasama antara aparat keamanan dan petani untuk melindungi sumber daya pertanian dan mencegah gangguan yang dapat mengganggu pasokan pangan. 

Dandim 1620 Loteng, bersama para kelompok tani di kabupaten lombok tengah berkomitmen untuk mendukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan dan akan bekerja sama untuk meningkatkan produksi pertanian, menjaga keamanan pangan, dan mengurangi ketergantungan pada impor pangan. 

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkrit yang di lalkukanTNI dalam memastikan upaya Indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat dan mampu menahan tantangan di bidang pertanian dan pangan dan diharapkan semua pihak bersatu untuk mencapai tujuan tersebut," tandasnya.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini