Baksos TNI AD 1620 - 04/Loteng Disambut Positif Warga Desa Kateng

/ 20 Desember 2023 / 12/20/2023 05:28:00 PM


Policewatch-Lombok Tengah.

Jajaran Komandan Rayon Militer (Danramil) 1620 - 04  / Loteng bersama sejumlah warga Desa Kateng, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, menggelar bakti sosial, membersihkan saluran sungai yang kerap menjadi penyebab terjadinya banjir  akibat sumbatan sampah pada jembatan penghubung antar dusun di jalan Embong Bombas, Penabu, Desa Kateng, Selasa 19 Desember 2023. 

Komandan Kodim 1620 / Loteng Letkol. Kav Andi Yusuf Kartanegara, melalui Danramil 1620 -04/Praya Barat Kapten Inf Wage Rudolf S, mengaku kegiatan bakti sosial TNI AD yang dibantu Polisi, Sat Pol PP dan Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) serta  masyarakat setempat merupakan bagian dari program TNI AD yang salah satunya yaitu mengayomi masyarakat.

 "Selain menjaga keamanan dan ketertiban kami juga turut menjaga kelangsungan kondisi alam yang terjadi akibat adanya banjir, longsor di wilayah binaan," katanya saat memimpin Bakti soasial Selasa (19/12) di Desa Kateng. 

Menurutnya, sungai  dan jembatan penghubung antara dusun ini berada di jalan embung bombas, setiap tahun airnya naik ke jalan bahkan perkampungan warga sekitar yang disebabkan banyaknya sumbatan kayu, sampah yang datang ketika musim hujan tiba. Hal ini membuat pihaknya prihatin sehingga harus menjadi prioritas Bakti Sosial di wilayah binaan Koramil 04 / Praya Barat.


 "Alhamdulillah kami mendapat bantuan alat berat dari pihak BWS, yang kami mamfaatkan untuk kelancaran Bakti Sosial," tegasnya. 

Ia berharap, setelah adanya kegiatan Bakti Sosial ini warga masyarakat setempat dihimbau untuk tidak melakukan penebangan pohon dan membuang sampah pada bukan tempatnya, karena hal itu dapat menjadi penyebab sumbatan aliran air pada kolom jembatan yang nengakibatkan banjir musiman. "Saya menghimbau bagi warga masyarakat tidak lagi membuang bekas tebangan kayu dan sampah ke aliran sungai, yang dapat menjadi sebab terjadinya jembatan tersumbat, " pintanya. 

Sementara itu tokoh masyarakat setempat, H Lalu Damanhuri, mengapresiasi program bakti sosial yang di inisiasi jajaran TNI AD untuk membersihkan sampah yang tersumbat di kolong jembatan yang kerap menjadi penyebab banjir di wilayah dusun setempat. Tidak hanya itu namun ia juga menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya atas inisiatip jajaran Koramil 1620 - 04 Praya Barat atas bantuan,  bimbingan dan arahan selama ini kepada warga desa kami. 

Tumpukan sampah, kayu, pada kali yang menyebabkan sumbatan aliran air sungai pada jembatan ini sangat sulit diangkat dengan tenaga manual karena sudah menumpuk terlalu lama dan  bisa mengancam terputusnya jembatan akibat derasnya air yang sewaktu waktu datang di musim hujan tahun ini. 

"Alhamdulillah Babinsa kami cukup tanggap dengan situasi yang ada, sehingga bisa menghadirkan alat  eksavator dalam kegiatan bakti sosial ini terlaksana setelah kami menyampaikan keluhan kepada Babinsa, " sebutnya. 

Kedepan ia berharap, sinergi antara Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat sekitar harus tetap terpelihara dan berkesinabungan  agar lebih baik lagi. Untuk mewujudkan kecintaan masyarakat kepada TNI , Polri sebagai pengayom masyarakat.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini