Bersatu Dengan Alam, TNI AD Bersama Masyarakat Bersihkan Aliran Sungai Cegah Bencana Banjir

/ 14 Desember 2023 / 12/14/2023 02:54:00 PM


Policewatch-Lombok Tengah.

Dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah adanya banjir di musim penghujan, TNI AD bersama dengan masyarakat meluncurkan inisiatif bersih-bersih aliran sungai secara gotong royong sebagai wujud TNI bersama masyarakat bersatu dengan alam untuk NKRI. 

Kegiatan bersih bersih bersama masyarakat tersebut dipimpin langsung KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dilaksanakan live via Zoom diikuti oleh Kodim Kodim di seluruh Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023. 

Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara mengungkapkan,

kegiatan ini mencerminkan komitmen TNI Kodim 1620/Loteng menjelang peringatan hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023, khususnya dalam pembersihan aliran sungai Jontlak sangat positif untuk kehidupan lingkungan masyarakat setempat. 


Selain sebagai ujung tombak dalam menjaga kelestarian alam sekitar, terlebih dalam pembersihan aliran sungai Jontlak desa mujur kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, Kodim 1620/Loteng menerjunkan 155 personel bersama Polri, relawan, masyarakat dan pecinta lingkungan membantu atasi kesulitan masyarakat. 

"Dengan bersatu bersama masyarakat bersihkan aliran sungai, kami berharap dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar." Ujar Dandim di lokasi pembersihan aliran sungai, Kamis (14/12/2023). 

Selain membersihkan secara fisik seperti berbagai jenis sampah plastik, botol, dan limbah lainnya TNI AD Kodim 1620/Loteng bersama aparat desa juga menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai, dengan harapan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam membuang sampah sembarangan. 

"Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai sebagai aset alam yang vital sebagai sumber kehidupan yang hakiki," terang Dandim. 

Keterlibatan aktif masyarakat dalam kegiatan ini memberikan bukti bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin tumbuh di setiap sendi sendi kehidupan masyarakat agar lebih mencintai alam demi kehidupan  masa depan yang lebih baik. 

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi seluruh warganya secara merata dan berkelanjutan," uncapnya. 

Dengan adanya inisiatif seperti TNI bersatu dengan Alam, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas khusnya di Lombok Tengah untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam Indonesia," tandas Dandim.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini