Warga Desa Kedungringin Ancam Demo Besar-besaran Jika PT. STBC Tidak Segera Menghentikan Limbah Debu Yang Berterbangan ke Rumah Penduduk

/ 29 Januari 2024 / 1/29/2024 01:51:00 PM

 



POLICEWATCH.NEWS ,PASURUAN -PT Sorini Towa Berlian Corporindo ( STBC ) sebuah perusahaan PMA, yang terletak di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, bergerak dibidang produksi sorbitol dengan orientasi pasar ekspor. Sorbitol sendiri adalah senyawa kimia yang dapat dihasilkan dengan cara mereduksi glukosa dan banyak digunakan secara luas pada industri makanan, kosmetik, kimia dan obat-obatan, Namun bila limbah yang di hasilkan atau dalam proses produksinya tidak di kelola dengan baik tentunya akan sangat berdampak pada kesehatan warga sekitar perusahaan.

Saat ini warga sekitar perusahaan di tiga Dusun di antaranya, Dusun Guyangan, Bahrowo dan Dusun Kedungringin Selatan dibikin resah, karena cerobong asab PT. Sorini Towa Berlian Corporindo keluarkan abu yang berterbangan ke rumah-rumah warga, hingga mengakibatkan sesak nafas.

Hal ini dikatakan salah satu perwakilan warga tiga Dusun di Desa Kedungringin dan ia juga diketahui sebagai ketua Das Wrati "LONDO" ia mengatakan, kami beberapa waktu lalu sudah melakukan aksi unjuk rasa di depan perusahan PT. STBC terkait masalah abu yang berterbangan ke rumah-rumah warga, dan pihak perusahaan berjanji tidak akan menggunakan pembakaran menggunakan abu sekam untuk menaggulanginnya namun itu hanya omong kosong buktinya sekarang abu yang dikeluarkan perusahaan lewat cerobong asab terjadi lagi.

"Kami sebagai warga mengecam apa yang dilakukan pihak perusahaan PT. STBC dengan mengeluarkan abu dari cerobong asabnya, dan kami berjaji akan mengajak seluruh warga Desa Kedungringin menggelar aksi demo besar-besaran bahkan lebih besar lagi dari yang sudah kami lakukan jika pihak perusahaan tidak segera menghentikan abu yang berterbangan kerumah-rumah penduduk, karena kampung kami selalu dihujani abu berwarna coklat setiap harinya tentunya pernafasan warga jadi terganggu," tegasnya ke awak media. Senin (29/01/2024)


Lebih lanjut pria berkepala Plontos tersebut mengatakan, kami mengharapkan ada Caleq yang bisa menyelesaikan permasalah warga ini, tentunya kami akan sangat mendukungan untuk jadi anggota legeslatif.

"Memang pihak PT. STBC keluarkan CSR namun berupa gosok gigi saja dan membantik namun kita disuruh membatik saja tanpa ada silusi siapa yang membelinya,"tutupnya.

Sayang ketika awak media hendak konfirmasi ke pihak manajemen PT. STBC, pihak security tidak memperbolehkan masuk perusahaan dengan berbagai alasan dan hingga berita ini ditayangkan belum ada klarifikasi resmi dari pihak perusahaan. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini