Berpotensi Bencana Longsor, Diduga Tambang Galian C di Desa Gampingan Malang Tak Memiliki Izin dan Bebas Beroperasi

/ 28 Maret 2024 / 3/28/2024 03:01:00 PM

 



POLICEWATCH.NEWS.MALANG,- Beroperasinya Tambang Galian C di Desa Mantingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang yang disinyalir tidak memiliki izin dari Kementrian ESDM, aksi pengerukan secara besar-besaran tanpa mempedulikan dampak lingkungan berpotensi bencana tanah longsor.

Hal ini diungkapkan dan dikeluhkan masyarakat sekitar, mereka mengatakan tidak sedikit jalan- jalan di Desa kami yang dilalui truk pengakut sirtu dari tambang membuat infrastruktur jadi rusak, debu-debu berterbangan membuat tercemarnya udara.

"Seperti yang anda lihat sendiri, jalan di Desa kami jadi rusak akibat seringnya dilalui dam truk yang melebihi tonase, dan adanya aktifitas tambang tersebut yang kami takutkan terjadi musibah tanah longsor, mereka para pengusaha tambang hanya melihat keuntungan secara finansial saja tanpa memperdulikan dampak yang ditimbulkan di kemudian hari,, karena kami yakin mereka tidak akan mereklamasi bekas pertambangan tersebut,"keluhnya ke awak media. Kamis ( 28/03/2024)

Begitu juga warga yang lainnya dan meminta namanya tidak dipublikasikan menyebutkan ke awak media, kalau saya dengar dari orang-orang pemilik tambang tersebut bernama H. RFI (inisial) dan cobak anda tanyakan sendiri terkait izin-izinya.

"Kalau masalah izin-izinya kami kurang tau yang kami tau mereka para pengusaha tambang, saya kira tidak akan mereklamasi bekas galian tersebut, dan yang kami harapkan sebagai warga lokal, aparat penegak hukum bersinergi, baik Polsek, Polres Malang maupun jajaran Polda Jatim untuk turun ke Desa kami dan jika memang tambang tersebut tidak mengantongi izin, kami meminta untuk segera ditutup sebelum Desa kami terjadi bencana tanah longsor yang tidak kami inginkan," tutupnya.

Hingga berita ini ditayangkan awak media belum bisa mengkonfirmasi pihak aparat penegak hukum baik Polsek Gampingan, Polres Malang, maupun Polda Jatim, namun kami awak media akan terus berusaha menggali informasi lebih lanjut akan terkait masalah tambang Galian C yang dikeluhkan warga. Bersambung...(Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini