Marini: Desa Manggari Buat Gebrakan Baru, Kios Desa Dibuka Untuk Pengusaha Luar

/ 14 Mei 2024 / 5/14/2024 10:47:00 AM

 


Kuningan policewatch.news,-Marini, Kepala Desa Manggari  Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, saat ini tengah berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui Bumdes "Bangkit Mandiri". Salah satu strateginya adalah dengan mencari peluang baru di luar desa.

Di Mana menurut marini B umdes "Bangkit Mandiri" saat ini mengelola berbagai bidang usaha, seperti Penyewaan Kios desa, Lapak Ikan tawar di Oleced, Cafe, Permainan Play Station (PS) dan Penjualan pakan hewan, Pupuk tanaman dan Pertanian.

Namun, minat masyarakat Desa Manggari untuk menyewa kios dan menjalankan usaha di kios tersebut terbilang kurang.

"Penyewaan kios kita fokus dari awal kepada masyarakat Desa Manggari, kita utamakan untuk masyarakat desa Manggari agar bisa berusaha di tempat yang disediakan," ujar Marini.

"Namun sampai saat ini prospeknya kurang memuaskan. Minat masyarakat kurang untuk usaha di kios yang disediakan oleh Desa Manggari," lanjutnya.

Permasalahan ini menyebabkan PADes dari Bumdes "Bangkit Mandiri" tidak mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, Marini berencana untuk mencari peluang baru di luar desa.


"Tahun depan kita mulai berani buat gebrakan keluar. Kita ingin desa Manggari punya pemasukan sesuai yang di harapkan dari awal melalui Bumdes," tegas Marini.

Salah satu langkah yang akan diambil adalah menawarkan kios desa kepada pengusaha atau pedagang di luar desa Manggari.

"Kios desa dengan bangunan dua lantai, di bangun sekitar tahun 2018. Ada sekitar 24 kios yang disediakan oleh Desa Manggari," terang Marini.

Marini berharap dengan membuka peluang bagi pengusaha atau pelaku usaha dari luar desa, Pendapatan Desa Manggari dapat meningkat dan Desa Manggari di harapkan bisa memiliki icon tersendiri.

"Desa Manggari tidak seperti Desa-desa lainnya. Tidak seperti Desa Cibulan dan Desa Sangkanurip ada yang bisa diandalkan sebagai pemasukan buat desa. Sementara Desa Manggari sendiri, hanya mengandalkan kios Desa " Pujasera Oleced'," papar Marini.

"Ada 24 kios di Pujasera Oleced dan Pasar ikan yang bisa diandalkan oleh Desa Manggari. Mau tidak mau Desa Manggari tahun depan mulai berani buat gebrakan keluar," tambahnya.

Marini menegaskan bahwa langkah ini sudah dipertimbangkan matang dan dilakukan secara terbuka.

"Sebelumnya kita sudah welcome terbuka kepada Masyarakat Manggari, kita mengajak masyarakat desa manggari untuk menggunakan Kios-kios yang disediakan oleh desa manggari  untuk tempat usaha mereka." jelasnya.

"Namun, masyarakat Desa Manggari kurang minat untuk menggunakan kios desa untuk usaha, mereka" akunya.

Marini optimis bahwa dengan membuka peluang baru di luar desa.Desa Manggari dapat mencapai target PADes dan memiliki icon tersendiri. (Guntur)

Komentar Anda

Berita Terkini