Pelantikan 96 Panwascam: Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat Mendorong Pengawasan Pemilu yang Bermartabat

/ 27 Mei 2024 / 5/27/2024 01:31:00 PM

 


Kuningan, policewatch.news,- Sebanyak 96 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Kuningan resmi dilantik dan diambil sumpahnya pada Sabtu (25/5/2024) di Aula Hotel Grage Resort, Sangkanurip. 

Pelantikan ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan berlangsung pada November 2024.

Ketua Bawaslu Kuningan, Firman, yang bertindak sebagai pengambil sumpah, menyampaikan harapannya agar para Panwascam dapat menjalankan tugas pengawasan dengan integritas tinggi.

“Kami berharap para Panwascam yang baru dilantik ini dapat bekerja dengan integritas dalam mengawal proses pemilihan Kepala Daerah serentak. Tugas mereka mencakup pengawasan pemilihan Bupati/Walikota serta Gubernur,” ujar Firman.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, SH, SIK, Sekretaris Daerah Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, serta Ketua KPU Kuningan dan perwakilan partai politik peserta Pilkada serentak 2024.

Dalam sambutannya, Iip Hidajat menyoroti pentingnya peran pengawasan dalam mewujudkan pemilu yang demokratis. 

Iip menekankan sinergi antara Panwaslu dan KPU sebagai penyelenggara pemilu. “Sinergi antara Panwaslu dan KPU menjadi harapan kita semua untuk menyelenggarakan pesta demokrasi yang berkualitas,” ungkap Iip.

Iip juga mengingatkan para Panwascam tentang arti penting sumpah yang mereka ucapkan. “Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak hanya bertanggung jawab di dunia, tetapi juga di akhirat.

Jadi, laksanakan sumpah ini dengan sebenar-benarnya,” tegasnya.Lebih lanjut, Iip menitipkan tiga pedoman kerja bagi Panwascam yang baru dilantik: teliti, cermat, dan disiplin. “Jalankan tugas dengan teliti, cermat, dan disiplin. Kawal demokrasi kita dengan bermartabat, jujur, dan adil,” pesan Iip.

Firman juga menambahkan bahwa Panwaslu adalah instrumen penting dalam menjaga kualitas demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang. “Panwaslu harus menjaga kekompakan, koordinasi, dan kondusifitas selama pelaksanaan Pilkada,” katanya.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan penandatanganan 7 Fakta Integritas oleh anggota Panwascam kepada Bawaslu sebagai komitmen untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak pada November 2024. (Guntur)

Komentar Anda

Berita Terkini