RENCANA ADA 5 KABUPATEN /KOTAMADYA YANG MELEBUR DALAM PROPINSI TANGERANG RAYA

/ 26 Juni 2024 / 6/26/2024 04:05:00 PM

  


Wacana Pembentukan otonomi propinsi Tangerang raya dari propinsi Banten kian Menggeliat..

Rencana 5 Wilayah di Provinsi Banten Tinggal Menunggu Ketok Palu  Menjadi Provinsi Tangerang  Raya. (foto: Istimewa)

Policewatch.news- Provinsi Banten merupakan provinsi paling barat  berada dalam wilayah pulau Jawa yang  di rencanakan akan mengalami pemekaran.

Hal ini dapat Terlihat dari Pergerakan dan Usulan Masyarakat Tangerang raya baik unsur Masyarakat,Tokoh Agama,Mahasiswa  maupun Stakholder dan akar rumput Warga Tangerang Raya.


Setidak nya ada 5 wilayah  di Tangerang Raya tersebut  yang meliputi:
1. Kabupaten Tangerang
2. Kota Tangerang
3. Kota Tangerang Selatan
4. Kabupaten Tangerang Utara(Rencana Pemekaran dari kab.Tangerang)
5. Kota Tangerang Tengah(Rencana Pemekaran Kab.Tangerang).



Berdasarkan usulan dari masyarakat luas dan juga  salah satu Ormas BPP-KTT (Badan Persiapan Pembentukan kota Tangerang Tengah) ketua HM.Nurdin Satibi, Ibu kota provinsi baru ini di  Kota Tangerang atau di kota Tangerang Tengah.


Terkait rencana pemekaran provinsi ini adalah bagian  strategi pemerintah pusat agar lebih mudah bagi pemerintah daerah menjalankan kebijakannya,peningkatan pelayanan masyarakat serta untuk pemerataan pembangunan wilayah Tangerang Raya,Nantinya.



Karena provinsi  Banten yang terlalu luas akan lebih cepat berkembang bila ada pemekaran Tangerang raya.sehingga fokus kepada kabupaten  Serang,Lebak,Pandeglang,Kota Cilegon serta Kota Serang.


Oleh sebab itu kebijakan yang diambil pemerintah pusat, benar-benar dipikirkan dengan berbagai macam pertimbangan yang sangat matang dan Akuntabilitas yang Maksimal untuk Tumbuhnya Kemajuan dan kesejahteraan pada wilayah propinsi Banten Dan Provinsi baru yaitu Tangerang Raya.

Penentuan Pemekaran Propinsi Tangerang Raya tentunya bukan hanya terkait usulan berbagai pihak, seperti keinginan para tokoh masyarat atau tokoh politik atau kepentingan individualis,dan masyarakat luas.


Namun hal yang sangat mendasar adalah terkait percepatan kemajuan wilayah, pembangunan SDM serta pemerataan perekonomian masyarakat serta kesiapan yang memang sudah Layak terutama dalam Pendapatan Daerah di 5 kabupaten/kotamadya di Tangerang Raya.


Sementara Pergerakan dari Persiapan pembentukan kota baru Tangerang Tengah yang meliputi wilayah kecamatan Cisauk,Pagedangan,Legok,Kelapa dua,Curug di bawah Ormas BPP-KTT telah terbentuk sampai tingkat korwe ,korte,kordes,korkel dan Korcam.


Bahkan badan adhoc dan Konsolidasi serta pergerakan kian massif dan Ter ukur ,tinggal menunggu ketok palu oleh pemerintah Pusat.

jalan masih panjang mengingat pembentukan kota Tangerang Tengah dan kabupaten Tangerang Utara masih dalam proses dan berjalan..

Redaksi policewatch.news

H.Irvanto Wahid