"Kuliah Kerja Partisipatif UIN Mataram: Membangun Desa Digital Ramah Perempuan dan UMKM Halal di Desa Barabali

/ 11 Juli 2024 / 7/11/2024 09:06:00 AM


 POLICEWATCH-Batukliang

Sebuah program Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) yang diadakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah menarik perhatian masyarakat Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. 

Dengan tema "Pendampingan Desa Digital Ramah Perempuan dan UMKM Halal", program ini telah dimulai sejak tanggal 3 Juli 2024 dengan serah terima pada tanggal 1 Juli 2024. Sebanyak 15 orang terlibat dalam program ini, terdiri dari 10 perempuan dan 5 laki-laki, yang akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing bernama Sukardi, MPd.

Masa kegiatan program KKP ini berlangsung selama 45 hari, dimulai dari tanggal 3 Juli hingga 22 Agustus 2024. Ade Putra Jinalih dan Sulis Susantri, dua di antara peserta program, telah memberikan tanggapannya terkait dengan potensi desa dan pengembangan sumber daya serta UMKM di Desa Barabali. 

Ade Putra Jinalih menyoroti pentingnya melihat potensi desa melalui program KKP, sementara Sulis Susantri menekankan pada pengembangan dan pelestarian sumber daya serta UMKM di desa tersebut.

 Mereka juga menegaskan nilai moral keagamaan yang dijunjung tinggi melalui kegiatan KKP ini, sebagai upaya untuk membangun Desa Barabali yang lebih baik.

Program KKP UIN Mataram di Desa Barabali menjadi momentum penting dalam upaya mengembangkan desa secara digital, ramah perempuan, dan mendukung pertumbuhan UMKM yang halal.

 Diharapkan program ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa dan menjadi contoh inspiratif bagi program serupa di tempat lain.

Dalam perkembangan terkini, Muhamad Nurman, yang juga menjabat sebagai Kordes Bapang Desa Barabali, turut serta dalam pembagian beras sebagai bagian dari upaya kesejahteraan masyarakat desa.

M Nurman, sebagai warga dan Kordes Bapang, menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang terlibat dalam program KKP atas kontribusi dan dukungan mereka dalam memajukan Desa Barabali. Hal ini menunjukkan kolaborasi yang erat antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat dalam membangun desa yang lebih baik.

Nurman MPW

Komentar Anda

Berita Terkini