Gempa Bumi di Lombok Memakan Korban Jiwa 82 Orang Meninggal Dunia

/ Minggu, 05 Agustus 2018 / 17.59

Reporter : Fauziah
Korban Gempa Bumi di LOMBOK


Jakarta, Policewatch.news,-
Korban meninggal akibat gempa gempa berkekuatan 6,4 skala richter di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/7), bertambah sampai berita ini di turunkan sudah mencapai 82 orang seperti yang di tayangkankompas tv pukul 06 00 wib

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak terparah dari gempa terjadi di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara.

Korban terbanyak di kabupaten Lombok Utara Mencapai : 62 Orang
Kabupaten Lombok Barat                                                         : 9 Orang
Kabupaten Lombok Tengah                                                      : 2 Orang
Kabupaten Lombok Timur                                                        : 2 Orang
Kota Mataram                                                                            : 4 Orang
Total                                                                                           : 82 Orang
Dari 82 korban, ada satu warga negara asal Malaysia bernama Siti Nur Lesmawida Ismail (30) yang meninggal karena tertimbun reruntuhan. Siti adalah satu pendaki dari 17 pendaki asal Malaysia yang berniat ke Rinjani sebelum musibah gempa terjadi.

"Jadi Siti ini memang pendaki tetapi dia meninggal di penginapan sebelum jadi mendaki. Yang tewas di Rinjani hanya satu orang ya dan itu WNI," tegas pria yang akrab disapa Topo tersebut.

Korban meninggal di Gunung Rinjani yaitu Muhammad Ainul Muksin. Korban saat ini masih dalam proses evakuasi akibat meninggal tertimpa batu longsor saat gempa kemarin. 

Sementara itu korban luka-luka di Lombok Timur tercatat mencapai 343 orang. Sebanyak 233 mengalami luka berat sedangkan 120 sisanya luka ringan. Jumlah pengungsi meningkat menjadi 741 kepala keluarga/2663 jiwa.

Di Lombok Utara, jumlah korban terluka berat berjumlah lima orang dan tujuh lainnya luka ringan. Pengungsi yang tercatat sebesar 2.478 jiwa di Kecamatan Bayan.

BNPB telah menurunkan bantuan logistik dan peralatan seberat 15 ton yang terdiri dari 50 unit tenda pengungsi, 100 unit tenda keluarga, 100 unit genset, lima ribu lembar matras, 1.500 pcs family kits, 1.500 perlengkapan anak, dan 25 ribu porsi makan siap saji.

"BNPB juga berencana menggelontorkan bantuan Dana Siap Pakai sebesar Rp750 juta untuk NTB. Masing-masing Kabupaten Lombok Timur dan Utara mendapat Rp250 juta," ujar Sutopo-


Komentar Anda

Berita Terkini