M Iriawan: PPI Rancabuaya Tingkatkan Tangkapan ikan Nelayan

/ Jumat, 03 Agustus 2018 / 06.05
Reporter :Arya Windu
PLT Gubernur Jawa Barat M Iriawan 
Garut Selatan (POLICEWATCH.NEWS) - Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan optimistis keberadaan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di kawasan pantai Rancabuaya yang saat ini tengah dibangun diyakini akan meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan dari dua menjadi lima ton perharinya.


"Kita sedang bangun pelabuhan nelayan tapi bertahap ya sekarang anggarannya sudah tersedia Rp3 miliar sisanya di tahun depan akan kita tindak lanjuti. Ini untuk kesejahteraan nelayan karena tangkapannya ikannya akan meningkat nanti," kata Iriawan dalam siaran persnya, Jumat.

Hari ini Iriawan meninjau progres pembangunan PPI yang terletak di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Garut, yang lokasinya disebelah timur pantai Rancabuaya.

Ia mengatakan secara keseluruhan anggarannya mencapai Rp42 miliar yang pembangunannya meliputi pengerukan kolam pelabuhan, pembangunan dermaga, reklamasi pantai dan pembangunan breakwater di bagian selatan.

"Potensi perikanan di Rancabuaya sangat besar karena pantai selatan terkenal dengan kekayaan lautnya. Namun di pantai selatan ini juga sering terjadi gelombang tinggi, seperti yang sedang terjadi sekarang," kata dia.

Akibatnya, lanjut Iriawan, banyak nelayan yang enggan melaut padahal bulan Agustus hingga Oktober adalah memasuki musim panen ikan.

Menurut dia, jumlah nelayan di Rancabuaya saat ini berjumlah 439 orang, ini belum termasuk nelayan tradisional yang bila ditotal mencapai 700 orang.

"Saya kira pertumbuhan disini akan pesat ya karena potensinya luar biasa, nanti akan seperti di Pangandaran terlebih bila PPI sudah selesai," ujar Iriawan.

Dalam peninjauannya tersebut, Iriawan juga berdialog dengan nelayan dan pelaku usaha di Tempat Pelelangan Ikan Ciliab Rancabuaya sambil membeli sejumlah ikan khas seperti ikan layur, mata lembu, jambal dan tongkol.

Ikan hasil tangkapan nelayan Rancabuaya banyak di distribusikan ke kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Iriawan pun memastikan, setelah berdialog dengan pelaku usaha sejauh ini tidak ada permasalahan dalam pendistribusian ikan.

"Ya saya ingin melihat keadaan, fasilitas dan apa kira-kira yang bisa kami perbuat untuk kemajuan masyarakat di sini," katanya.Budi 

Komentar Anda

Berita Terkini