Pemkab Sintang Siapkan Tiga Lokasi Fasilitas PKR

/ Minggu, 09 September 2018 / 21.30
Gubernur dan wakil Gubernur  Kalimantan Barat Sutarmidji dan Ria Norsan 


SINTANG,POLICEWATCHNEWS,- Dilantiknya Gubernur dan wakil Gubernur  Kalimantan Barat Sutarmidji dan Ria Norsan membuat angin segar pemekaran Kalimantan Barat kembali berhembus.

Pemekaran Kalimantan Barat wilayah timur Kalbar bernama provinsi Kapuas Raya (PKR)  memang menjadi janji saat kampanye pasangan Sutarmidji -Ria Norsan ini.
Pemerintah Kabupaten Sintang sendiri diminta untuk menyiapkan fasilitas berupa tanah dan gedung untuk persiapan provinsi baru di timur kalbar.

Bupati Sintang Jarot Winarno telah memiliki beberapa lokasi alternative untuk fasilitas pendukung provinsi baru di wilayah timur Kalbar.
"Sebagai calon ibu kota provinsi, Sintang akan menyiapkan kompleks gedung serba guna, tanah tiga hektare di Sungai Ukoi, Jerora dan Desa Paloh Benua sebagai pilihan alternatif untuk pusat pemerintahan Provinsi Kapuas Raya. Semua alternatif tersebut statusnya sudah clear and clean,” Kata Jarot, Jumat (07/09/2018
Menurut Jarot, PKR menjadi dambaan masyarakat di lima kabupaten di pedalaman Kalbar. Karena itulah, Sintang saat ini sudah mempersiapkan diri. Saat ini pun sudah ada lahan dan gedung yang nantinya dapat digunakan sebagai pusat pemerintahan provinsi.

Sementara itu Mantan Bupati Sintang Milton Crosby, mendukung penuh pembentukan DOB PKR. Menurutnya, persiapan provinsi baru tersebut sudah dilakukan sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Sintang periode 2005-2015.

Terbentuknya PKR, kata Milton hanya tinggal menunggu kemauan politik dari Pemprov Kalbar.
Dalam Amanat Presiden Kelompok 65 dan 22 tentang Prioritas DOB, ada empat daerah yang akan dimekarkan di Kalbar. Keempatnya yaitu Provinsi Kapuas Raya, Kabupaten Sekayam, Kabupaten  Benua Lanjak, dan Kabupaten Tayan.

"PKR Harusnya sudah diwujudkan karena sudah dikeluarkan Amanat Presiden pada 2013, namun terhambat oleh hal teknis dari provinsi,” Tandasnya. (Ted)

Komentar Anda

Berita Terkini