PENTINGNYA SARANA-PRASARANA PENUNJANG DALAM USAHA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MUTU PENDIDIKAN

/ Minggu, 28 Oktober 2018 / 00.21

SMAN 1 TAMBUN UTARA KAB. BEKASI PROVINSI JAWA BARAT

Reporter :ZURAID BIMA 

Bekasi,POLICEWATCH.NEWS,-Bulan Mei 2017 merupakan hari-hari awal Drs. H. Mamat Sudirahmat, M.Pd. melaksanakan tugas baru sebagai Kepala Sekolah di SMAN 1 Tambun Utara. Setelah sempat berhenti karena masa bhakti 2 (dua) periode Kepala Sekolah telah dilaksanakan dan sesuai aturan Kepegawaian dijajaran Kementrian Dinas Pendidikan harus kembali menjadi pengajar (Guru) sampai usia pensiun dan apabila masih memungkinkan bisa kembali mengikuti test Kepala Sekolah, 3 (tiga) tahun mengabdi menjadi guru mata pelajaran di SMAN 1 Cikarang Utara setelah menyelesaikan periode terakhirnya menjadi Kepala SMAN 2 Cikarang Selalatan tahun pelajaran 20013/2014.

Nasib baik dan keberuntungan akhir tahun 2016 kembali ada kesempatan H. Mama Sudirahmat, M.Pd. mengikuti test CAKEP (Calon Kepala Sekolah) dan dinyatakan LULUS. Tahun 2017 pengelolaan SMA, SMK dan SLB oleh Kementrian Pendidikan dan Kebidayaan Nasional di alihkan ke tingkat Provinsi, H. MAMAT SUDIRAHMAT mendapat tugas baru sebagai Kepala SMAN 1 TAMBUN UTARA Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Setelah serah terima jabatan dari DR. H. MATROJI, M.Pd. langkah awal saya lakukan adalah mengecek seluruh fasilitas yang tersedia baik Sarana Gedung maupun segala kelengkapan Sarana-Prasarana Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun sarana prasarana penunjang kegiatan peningkatan kesiswaan (Non KBM) kata H. Mamat Sudirahmat kepada PoliceWatch.

Alhamdulillah Sarana-Prasarana Gedung sudah sangat cukup lengkap dan memadai, tinggal kami lengkapi sedikit karena ada salah satu ruang laboratorium yang Pelaksanaan-Pembangunannya belaum sampai selesai di bagian lantai dan plavon (atap) bagian dalam serta pintu yang alhamdulilah saat ini sudah kami selesaikan dengan berusaha memaksimalkan anggaran yang tesedia, pada saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baik saat Uji Coba maupun saat Pelaksanaan UNBK menjadi salah satu ruang pelengkap kebutuhan SMAN 1 Tambun Utara untuk Suksesnya UNBK Tahun Pelajaran 2017/2018 lalu.

Diperiode Tahun Pelajaran 2017/2018 SMAN 1 Tambun Utara dihadapkan pada kondisi yang serba sulit dan sangat terbatas dari segi pembiayaan atau anggaran, dimana satu sisi Pemerintah Propinsi Jawa Barat mulai mengambil alih pengelolaan SMA/SMK dan SLB se Propinsi Jawa Barat yang sudah pasti memerlukan proses yang memerlukan waktu yang panjang disisi lain kami sangat membutuhkan sesegera mungkin anggaran pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar dan anggaran peningkatan kegiatan kesiswaan yang tahun-tahun sebelumnya dapat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, sehingga siswa dan siswi SMAN 1 Tambun Utara tidak dibebani biaya pendidikan seperakpun. Dalam kondisi serba sulit tersebut ada secercah sinar, berupa informasi bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Program Bantuan Khusus Kabupaten Bekasi Bersinar akan membantu Siswa/Siswi SMA & SMK Kabupaten Bekasi melalui sistem pengelolaan keuangan Propinsi Jawa Barat, yang terealisasi mulai Bulan Juli tahun 2017. Pungkas H. Mamat Sudirahmat

Anggaran Bantuan Khusus Kabupaten atau yang dikenal “BEKASI BERSINAR” kami fokuskan dan alokasikan untuk Peningkatan Sarana-Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar dan Peningkatan Sarana-Prasarana Pembinaan Kesiswaan (Non Akademik), baik pengadaan barang atau alat yang belum tersedia maupun perawatan/perbaikan sarana-prasarana yang sudah rusak ringan maupun berat. Alokasi anggaran tambahan dari Kabupaten Bekasi memberikan secercah harapan bagi SMAN 1 Tambun Utara dan seluruh komponen sekolah untuk kembali bangkit meraih prestasi akademik maupun non akademik yang karena kekuarangan anggaran tahun-tahun sebelumnya sangat drastis menurun bahkan tidak ada. Partisipasi orang tua untuk pembiayaan pendidikan karena memang aturan undang-undang yang tidak membolehkan, maka kamipun berusaha dan berjuang memaksimalkan anggaran yang tersedia dari BOS-PUSAT dan BPMU saja, yang jumlahnya lebih kurang baru setengah dari anggaran minimal yang kami butuhkan.


Peningkatan prestasi Akademik Siswa/Siswi kami leksanakan kegiatan pelajaran tambahan “Bimbingan Belajar”, Bimbingan menuju prestasi Olimpiade dan bimbingan menuju Sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya dari luar maupun memaksimalkan tenaga pendidikan profesional di dalam SMAN 1 Tambun Utara diluar jadual kegiatan inti KBM sebagai tugas pokok. Hasilnyapun sangat menggembirakan selain bisa Lulus 100% juga bertambah banyak Siswa/Siswi yang melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi baik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Alhamdulillah dengan ketersediaan Sarana-Prasarana Penunjang baik Kegiatan Belajar Mengajara (KBM) maupun Peningkatan Kegiatan Kesiswaan (Ekstrakurikuler) perlahan-lahan kembali diraih oleh Guru dan Siswa/Siswi SMAN 1 Tambun Utara, Sarana Lapangan Basket dan Futsal yang kami perbaiki telah bisa mengahsilkan Juara II Liga Pelajar tingkat Kabupaten Bekasi, sarana alat musik yang kami lengkapi mampu melahirkan Juara Lomba Paduan Suara, lomba debat, sarana papan masing-masing ekstrakurikuler yang menjadi program peningkatan kegiatan kesiswaan kini terpampang rapi dihalaman SMAN 1 Tambun Utara dan menjadi kebanggaan bagi masing-masing Siswa/Siswi yang bergabung dibagian ekstrakurikuler kebanggaannya. SMAN 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi bahkan sudah mempu menyediakan Laboratorium Komputer dengan kecepatan Internet maksimal dengan menggunakan Papan Boarddigital (papan tulis digital), Laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi) Perpustakaan dengan Koleksi Buku-Buku Pelajaran dan Buku-Buku Penunjang yang cukup lengkap, Studio Band (musik) dengan peredam suara, Panggung Kegiatan Kesiswaan, Gerobak Sampah dan Alat Perawatan Gedung Tangga Lipat dan Skapolding (stagger) yang bisa mencapai ketinggian yang kami perlukan, sarana kelengkapan olah raga, seragam dan atribut semua ekstrakuler dan kami mampu melaksanakan Siaran Live media dengan fasilitas Camera yang maksimal. Itu semua kami dapatkan dari Bantuan Bekasi Bersinar (BKK), Puncak itu semua kami raih dalam satu penilaian yang berbasis nasional yaitu AKREDITASI SEKOLAH dengan predikat SANGAT BAIK (A)
Bulan Oktober Tahun 2017 lalu.

Dengan dukungan orang tua/wali siswa Tahun 2018/2019 kami terus membangun komitmen mendidik dan membimbing siswa, dalam persiapan mereka terjun ke tengah-tengah masyarakat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan yang bertema GENRE CERDAS Pembangunan Keluarga Bahagia Sejak Dini, membangun empati dan kepedulian terhadap sesama Peduli Bencana Lombok NTB dan Palu-Donggala Sulawesi Tengah siswa dan siswi kami mampu mengumpulkan dana peduli puluhan juta rupiah tanpa komando atau instruksi dari pihak sekolah ataupun guru-gurunya, ini terbangun karena kami yakin apa yang kami tanamkan dalam mendidik mampu diserap dengan baik oleh peserta didik kami di SMAN 1 Tambun Utara.

Siswa dan Siswi kami ada yang meraih Juara III tingkat Nasional Kejuaraan Karate yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi IPB 2018, Juara II Paduan Suara, Juara I Lomba Pidato dan yang terakhir Ektrakurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja) salah satu dari 18 (delapan belas) ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Tambun Utara sebagai wadah pengembangan diri dan prestasi baik akademik maupun non akademik siswa meraih Juara I Mouse Boat Competition

Kategori SMA Tingkat Nasional, Juara II dan III Mading 3D Competition Tingkat Nasional dan Juara Favorite MADING 3D Competitioan SMA Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Terakhir ditunjuk sebagai Duta Koperasi Siswa oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil. Tutup H. Mamat Sudirahmat penuhbangga.(Adv)


Komentar Anda

Berita Terkini