Tiga Orang Meninggal" Akibat Banjir Bandang di Jatiendah" Bandung Barat

/ Senin, 11 Februari 2019 / 00.30

Reporter : irfan
akibat banjir bandang

Bandung, Policewatch,- Banjir bandang menerjang Komplek Jati Endah Regency RT 004/016 Dusun Pasir Jati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2/2019) sekitar pukul 22.00 WIB.
Bencana tersebut menyebabkan 3 orang meninggal dunia akibat diterjang air bah.

"Banjir bandang juga menyebabkan 3 orang meninggal dunia. Dari dua rumah terdapat 2 KK yang dihuni oleh 6 jiwa. Di antaranya 3 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, dan 2 orang luka ringan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat, Minggu (10/2/2019).

Korban meninggal dunia atas nama Firdasari (35), Nuraini (25) dan seorang bayi bernama Rauvan (17 bulan).
Ketiga korban ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia.

Sementara korban luka-luka lainnya di antaranya Kiki (12) mengalami luka berat, Nisa (14) dan Ajay (45) keduanya mengalami luka ringan.Sudrajat juga menuturkan banjir bandang disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Cilengkrang, sehingga mengakibatkan debit air di wilayah sungai meluap dan menerjang rumah warga.

Sedikitnya kata Sudrajat banjir bandang tersebut menyapu 12 rumah warga. Di antaranya, 2 rumah mengalami rusak berat hingga ambruk.Dan 10 rumah lainnya mengalami rusak ringan akibat dihantam banjir bandang.

Peristiwa jebolnya tanggul deras nya aliran Sungai Cinambe menghantam komplek Jatiendah Regency, Kelurahan Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung sekitar pukul 23.00 WIB pada saat hujan turun cukup lebat.

 Di lokasi kejadian sejumlah warga tampak berada di sekitar komplek yang digenangi air, lumpur hingga bebatuan.Sejumlah kendaraan sepeda motor dan mobil sempat terseret air pada saat kejadian tersebut.Warga Blok C1 setempat, Ridwan Hadikusuma (43) menceritakan pada saat hujan deras dari selepas isya hingga sekitar pukul 22.00 WIB. Ia bersama keluarganya tengah berada di dalam rumah.
Warga melihat kondisi rumah yang rusak berat akibat banjir bandang yang melanda Komplek Jati Endah Regency, Pasirjati, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

"Pas hujan besar. Ada yang teriak tanggul jebol. Ehh tiba-tiba pas saya buka pintu, air masuk ke dalam rumah. Air setinggi dada saya," ujar Ridwan kepada awak media, di lokasi kejadian, Kabupaten Bandung, Minggu (9/2/2019).
Ridwan mengatakan saat kejadian sempat berteriak kepada warga sekitar. Tak berselang lama, ia bersama keluarga langsung ke luar dari rumah."Saya lihat empat rumah warga yang ambruk. Mobil saya juga keseret air sampai ujung komplek," pungkasnya

Komentar Anda

Berita Terkini