Prinsip Good Government jadi Acuan Pemdes Rajagaluh Lor

/ Selasa, 10 September 2019 / 21.37


Tampak depan Kantor Balai Desa Rajagaluh Lor

Majalengka,POLICEWATCH,- Dalam ilmu akuntansi dikenal prinsip konservatif yaitu prinsip yang menjaga kehati-hatian. Untuk itu, salah satu poin penting yang tidak dapat dipisahkan dari penyusunan laporan keuangan yang merupakan bukti transaksi. Prinsip ini juga berlaku dalam mengelola keuangan desa, demikian juga dengan prinsip-prinsip dasar lain dalam membangun good government di tingkat desa.

Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa. Ruang lingkup pengelolaan keuangan desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Keuangan desa tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
pengerjaan jembatan di blok A

Salah satu prinsip penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik adalah transparansi dalam hal keuangan. Untuk memegang dan melaksanakan prinsip ini, maka harus selalu diterapkan dalam mengatasi setiap masalah keuangan desa.

Dalam pengelolaan keuangan desa seringkali masalah yang dihadapi adalah efektivitas dan efisiensi, prioritas, kebocoran dan penyimpangan serta rendahnya profesionalisme. Pengelolaan keuangan yang baik berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan kepemerintahan desa. Oleh karena itu, asas-asas dalam pengelolaan keuangan desa perlu diterapkan.

Desa Rajagaluh Lor kecamatan Rajagaluh mencoba maksimal untuk menerapkan transparansi penggunaan anggaran, di antaranya adalah sosialisasi kepada warga terkait pembangunan yang di laksanakan, spanduk APBDes tahun anggaran sebagai bentuk lain transparansi, dan juga pemberitaan di media massa.

Tahun anggaran 2019 dana desa Yang merealisasikan  tahap II anggaran (40%) desa rajagaluh Lor melakukan pembangunan fisik sejumlah 3 pengerjaan. Di antaranya jembatan di blok B, TPT di blok A, TPS (tempat pembakaran sampah) blok C,   Selebih nya Penyertaan modal untuk BUMDES.

Kepala desa H.risan Melalui Baban Subandi Kaur keuangan desa Rajagaloh lor menjelaskan Bahwa pemerintah desa rajagaluh lor berupaya menerapkan transparansi anggaran.

" kami berupaya menerapkan transparansi kepada masyarakat, hal ini kami buktikan dengan pembuatan spanduk APBDes yang sangat besar dan di pasang halaman balai desa sehingga bisa di kroscek oleh publik " ujar Baban

TPBJ (tim pengadaan barang dan jasa) desa rajagaluh lor, Andri Pratama di temui di ruangan nya, menjelaskan beberapa pengerjaan fisik dari dana desa tahap II tahun 2019

" untuk tahun 2019 tahap II kami lokasikan ke jembatan di blok A, TPT di blok B dan TPS (tempat pembuangan sampah) di blok C " ungkap Andri

Pantauan Policewatch.news transparansi anggaran Desa Rajagaluh Lor Kec.Rajagaluh sudah lumayan transparan, setiap pengerjaan fisik papan proyek tidak luput di pasang, begitupun spanduk penggunaan anggaran dana desa terpampang di halaman balai desa Rajagaluh lor (RS/Dhebram)
Ket foto 1 : 
Ket foto 2 : 
Ket Foto 3 : spanduk APBdes Pemdes rajagaluh lor
Komentar Anda

Berita Terkini