UPT Poliklinik Polres Brebes Bisa Menjadi Contoh Polres Lainnya

/ 22 September 2019 / 9/22/2019 09:39:00 PM
Reporter : M. Taufiq.Sapta
Tim Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Poliklinik Polres Brebes Foto : M. Taufiq.Sapta

Brebes (PoliceWatch.News),- Ketua Komisi Perlindungan Nasional Anak Prov Jateng, Dr.H. Endar Susilo,SH.MH bermitra dengan beberapa awak media mengunjungi PPT KSPA Klinik Bhayangkara yang beralat dijalan Bhayangkara no 2 Komplek Aspol 1 Brebes Jawa Tengah untuk mengecek kebenaran mengenai informasi Pelayanan Klinik yang bagus untuk anak anak khususnya.Jumat(20/9/2109)

Bertemu langsung dengan dr. Nani Yulia MCH CHT yang merupakan dokter di poliklinik tersebut Endar Susilo mendapat keterangan secara rinci tentang proses penanganan anak yang tersandung masalah hukum, sekaligus melihat langsung lokasi sampai disetiap sudut ruangan poli klinik tersebut.
Dr. Nani menjelaskan selain klinik kesehatan umum,Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Plokilinik Bhyayangkara Polres Brebes melalui PPT KSPA juga focus menangani kesehatan, kekerasan terhadap anak, Baik kekerasan biasa maupun kekerasan seksual.

“Kenapa dinamakan PPT? karena di unit kami, ini merupakan satu tempat pelayanan terpadu, mulai dari pelayanan dokter anak, ahli psikolog serta penegakan hukum, yaitu oleh Unit PPA Polres Brebes sehingga anak tidak perlu dibawa kemana mana dalam menangani kasus hukum dan pemulihan kesehatan fisik dan mentalnya,” ujarnya.

Menurut Nani, setelah dari setelah dari PPT inipun kami sudah mempunyai Rumah Aman yang siap menampung anak korban kekerasan sehingga anak betul betul mendapatkan pemulihan, baik pemulihan fifik maupun psikisny,” jelasnya.
Dr.H.Endar Susilo,SH.MH bersama dr.Nani Yulia di klinik Polres Brebes. Foto: M.Taufiq.S


Sementara itu Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) Prov Jateng mengatakan,” Kami memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat besar kepada Polres Brebes yang mempunyai sarana yang lengkap untuk menangani perkara anak,” ucapnya.


Menurutnya di tempat ini sangat lengkap sekali pelayanan yang diberikan mulai tempat untuk meminta keterangan kepada anak ( ruang Berita Acara Pemeriksaan ), ruang bermain dan tempat untuk periksa atau klinik kesehatan yang bernuansa anak dengan dinding bergambar yang menarik buat anak serta banyak terdapat permainan anak, sehingga akan merasa nyaman, lebih
nyaman dari rumah sendiri, hal seperti ini wajib ditiru oleh Polres yang lain di seluruh Indonesia,” imbuh Endar.

Seperti kita kethui bersama bahwa Polres Brebes selain memiliki banyak mobil ambulance , Polres Brebes bekerja sama dengan Dinas Kesehatan juga memiliki ambulance motor atau sepeda motor yang di desain untuk menjadi ambulance yang bisa menerobos di tengah kemacetan lalu lintas dan bisa masuk ke gang sempit atau jalan sempit untuk membantu melakukan pertolongan pertama bagi pasien dalam keadaan darurat yang tidak bisa di jangkau dengan mobil ambulace.***
Komentar Anda

Berita Terkini