Ketua Bawaslu Garut : “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”

/ 19 November 2019 / 11/19/2019 09:04:00 AM
.
Dr. Hj. Ipa Hafsiah

Garut-POLICEWATCH.NEWS-Kegiatan Program Sekolah Kader Pengawasan Partisipasif Tahun 2019 yang telah lulus melalui beberapa tahapan seleksi, dilaksanakan mulai dari Senin (18/11) sampai Jumat (22/11) di Hotel Agusta, Jalan Cipanas, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.November 18,2019

Dari 198 peserta yang mendaftar, 90 orang peserta yang hadir pada saat ini merupakan para peserta terpilih yang selanjutnya mengemban amanah untuk menjadi Kader Bawaslu dalam melaksanakan Pengawasan Partisitasif bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Garut Dr. Hj. Ipa Hafsiah pada sambutannya saat membuka kegiatan, dirinya menyebutkan tujuan dari dilaksanakannya program ini untuk :
a) Melaksanaan fungsi pendidikan Bawaslu.
b) Meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat.
c) Sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat.
d) Pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu yang berkesinambungan bagi masyarakat.
e) Menciptakan kader pengawasan yang tepat guna.
f) Menciptakan kantong- kantong atau simpul-simpul pengawasan di semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.

“Berdasarkan pengalaman pelaksaan pemilu-pemilu sebelumnya, Bawaslu telah berupaya untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka melakukan kontrol terhadap pelaksanaan pemilu yang tercermin dalam rencana startegis Bawaslu, yaitu :

1. Pembuatan dan peningkatan mutu regulasi pengawasan pemilu,
2. Peningkatan profesionalisme, spesialisasi, dan integritas struktur kelembagaan pengawas pemilu,
3. Peningkatan dukungan layanan administrasi, organisasi, dan manajemen,
4. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel pengawas pemilu,
5. Pengembangan pola dan metode pengawasan,
6. Penguatan sistem kontrol nasional, dalam satu manajemen pengawasan yang bersifat terstruktur, sistematis, dan integratif berbasis teknologi,
7. Peningkatan dukungan sarana dan prasarana,
8. Kerjasama antar lembaga, serta,
9. Peningkatan pelibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif. 

Akan tetapi, upaya perbaikan pengawasan pemilu tentu harus mendapatkan dukungan baik dari penyelenggara pemilu lainnya (KPU dan DKPP), peserta pemilu, maupun masyarakat.” Kata Ketua Bawaslu.

Dr. Hj. Ipa Hafsiah mengatakan pula saat ini salah satu fokus Bawaslu terkait pengawasan pemilu tertuju pada pelibatan masyarakat untuk aktif ambil bagian menjadi pengawas pemilu partisipatif. Bawaslu menganggap penting hal tersebut yang didasarkan pada kepedulian dan dalam konteks “serah-terima kedaulatan” masyarakat itu sendiri yang dalam proses pemilu.

“Pengawasan pemilu pasrtisaipatif sendiri didasarkan pada pengertian partisipasi politik. Menurut Herbert McClosky, partispasi politik adalah kegiatan-kegiatan sukarela dari warga masyarakat melalui mana mereka mengambil bagian dalam proses pemilihan penguasa, secara langsung atau tidak langsung, dalam proses pembuatan kebijakan umum”,jelasnya.

Lanjut Ipa Hafsiah, melalui “Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif” ini Bawaslu berupaya melakukan pendidikan pengawasan Pemilu kepada masyarakat dengan membentuk wadah pendidikan pengawasan yang berkesinambungan, sekaligus merupakan bentuk dukungan dan sinergi program pemerintah tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemilu sesuai arahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

“Oleh karena itu, setelah mengikuti program ini diharapkan para peserta mampu menjadi pengawas pemilu partispatif dan penggerak masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan pemilu secara partisipatif di daerahnya masing-masing. Selain daripada itu, jika ditinjau secara jangka panjangnya, program ini diharapkan dapat berkesinambungan dan menjadi model pengawasan pemilu partisipatif yang dapat dilaksanakan pada pemilu-pemilu selanjutnya”, tegasnya.

Pada akhir kata sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Garut mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta sekalian dan mengucapkan selamat bergabung di Sekolah Kader Pengawasan Partisipasif Tahun 2019, dirinya berharap kegiatan tersebut menjadikan para pengawas yang berintegritas dalam mendukung pemilu yang berkualitas. (Dera)
Komentar Anda

Berita Terkini